Comscore Tracker

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Tidak semua buah cocok untuk penderita asam lambung lho!

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Karena umum terjadi di masyarakat, penanganan asam lambung tidak cukup hanya dengan mengonsumsi obat maag saja. Oleh karena itu, penderita asam lambung disarankan untuk mengunjungi tenaga medis atau dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, penderita asam lambung harus berhati-hati dalam memilih makanan terutama buah-buahan karena tidak semua jenis buah aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Berikut ini beberapa buah yang cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung dan mudah dicari di pasar. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Semangka

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambungpixabay.com/PublicDomainPictures-14

Semangka mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino, serta kandungan air yang tinggi. Hal inilah yang membantu sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga buah yang kadar keasamannya rendah sehingga dapat mentralkan asam di perut serta mengurangi refluks.

2. Pisang

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambungpixabay.com/StockSnap

Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,6. Hal inilah yang dapat menetralisir asam lambung dan membantu meringankan gejala karena menurut penelitian hanya 1 persen dari penderita asam lambung yang kondisinya memburuk akibat mengonsumsi pisang.

Pisang juga merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Serat pada pisang ini dapat memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi refluks.

Baca Juga: Meski Enak, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Asam Lambung Meningkat Lho 

3. Melon

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambungpixabay.com/ImagesBG

Jangan salah, buah yang segar ini juga sangat bermanfaat untuk penderita asam lambung. Mirip seperti semangka, melon memiliki kandungan air yang tinggi. Melon memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 6,1 yang baik untuk penderita asam lambung.

4. Apel

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambungpixabay.com/ulleo

Apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, D, dan B12. kalsium, besi dan megnesium juga dapat ditemukan dalam buah ini. Kandungan tersebut yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi refluks. Jadi, masih ragu untuk mengonsumsi apel?

5. Persik

Catat! Ini 5 Buah di Pasaran yang Aman untuk Penderita Asam Lambungpixabay.com/dariasophia

Persik mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C. Kandungan asamnya rendah dan bagus untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Selain itu, persik dikenal sengat membantu dalam menangani diabetes, masalah kulit, kanker kolorektal, dan lain-lain.

Itulah beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan mudah untuk dicari, guys. Jangan sampai keliru!

Baca Juga: 10 Buah yang Cocok Dijadikan Camilan Diet, Enak dan Berkalori Rendah!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You