Comscore Tracker

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Daging

Rasa dan gizinya tentu gak kalah dengan daging

Istilah vegetarian sudah sangat familiar di telinga kita ya mengingat banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi buah-buahan atau sejenis sayuran daripada daging ataupun unggas. Menjadi vegetarian tentu bukanlah hal yang mudah mengingat ada banyak sekali produk panganan yang mengandung olahan daging seperti kaldu dan rempah lainnya. Meski begitu bukan berarti seorang vegan tidak bisa menikmati menu makanan yang mengandung daging lho, sebaliknya yaitu bagaimana olahan daging tersebut kemudian diolah dengan komposisi bahan pengganti daging.

Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan pangan yang dapat menggantikan daging untuk dikonsumsi oleh para vegetarian, simak yuk apa saja!

1. Jamur

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Dagingdoktersehat.com

Jamur dapat disebut sebagai bahan pangan yang paling populer di kalangan para vegetarian. Selain karena kandungan dari jamur yang rendah kalori, kemudian bebas lemak dan kolestrol. Lalu, kandungan vitamin, mineral, dan serat yang terdapat dalam jamur juga mampu menjadikan bahan pangan yang satu ini sebagai pengganti ideal dari daging. Dengan cita rasa lezat dan konsistensi yang lembut tentunya jamur mampu memanjakan lidah, selain karena fungsi utamanya yang mampu menekan berbagai resiko penyakit. Jamur dapat diolah menjadi berbagai olahan pangan seperti isian burger, capcai, tumis, dan berbagai olahan lezat lainnya.

2. Tempe

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Dagingid.wikipedia.org

Olahan kedelai khas Indonesia ini menjadi primadona tersendiri bagi para vegetarian dalam menikmati berbagai olahan kuliner. Kandungan gizi dari tempe memang lebih besar daripada tahu atau bahkan susu kedelai, oleh sebab itu lah hasil fermentasi kedelai ini menjadi bahan pangan wajib untuk menjadi pengganti daging bagi kamu. Selain itu, kandungan protein di dalam tempe konon digadang-gadang memiliki kandungan protein yang hampir lengkap. Tempe kemudian dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti jus tempe, siomay tempe, nugget tempe, atau bahkan dibuat sambal.

3. Tahu

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Dagingtawtawtahu.com

Bahan pangan yang menjadi sobat karib dari tempe ini memang wajib masuk ke dalam bahan pangan yang dapat digunakan para vegetarian untuk menikmati kuliner. Meski dapat dikatakan kandungan gizi dari tahu tidak setinggi yang dimiliki tempe, tapi bukan berarti menu ini bisa kamu abaikan begitu saja lho. Dengan berbagai kandungan kalori yang rendah, tentunya tahu dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu dengan nutrisi, serat, protein, hingga karbohidrat yang didapat dari bahan pangan satu ini. Berbagai olahan kuliner juga bisa dihasilkan dari bahan yang memiliki tekstur lembut ini seperti steak tahu, nugget tahu, bakso tahu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Resep Bikin Daging dari Jamur, Cocok buat Diet dan Si Vegan

4. Keju cottage

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Dagingbonappetit.com

Salah satu bahan pangan lain yang cocok untuk dijadikan camilan oleh para vegetarian adalah keju cottage. Tidak seperti keju pada umumnya, keju cottage merupakan olahan keju lembut bercita rasa asam yang terbuat dari dadih yang dilembutkan sehingga teksturnya akan lebih mudah dicerna daripada keju lainnya. Saking segarnya keju yang satu ini maka harus segera dikonsumsi untuk menghindari proses kerusakan di dalamnya, sangat cocok tentunya menjadi camilan disela waktu bagi para vegetarian.

5. Edamame

Buat yang Vegetarian, Kenali 5 Bahan Lezat Ini Untuk Pengganti Dagingfoodandwine.com

Edamame merupakan bahan familiar yang biasa ditemukan pada restoran yang menghidangkan berbagai menu olahan khas Jepang. Edamame umumnya dapat kita temukan di berbagai supermarket dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi mengalahkan daging dan telur yaitu sebesar 16,86 gram. Hal ini lah yang menjadikan edamame sebagai salah satu bahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh para vegetarian, selain itu edamame juga mengandung 9 jenis asam amino esensial dan menjadi satu-satunya sayuran di dunia yang memiliki kandungan seperti itu. Nutrisi, vitamin, dan zat besi juga dapat kita dapatkan dalam satu porsi hidangan edamame.

Nah, 5 bahan pangan diatas bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi kamu para vegetarian untuk menggantikan kandungan protein dalam daging. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Gak Melulu Sayuran, 8 Makanan Vegan Ini Juga Sehat dan Instagramable

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You