Comscore Tracker

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!

Kamu lebih suka yang mana, nih?

Kalau berbicara kuliner lokal berbumbu kacang apalagi khas Jawa Timur, pasti yang pertama terlintas dalam benak adalah pecel, bukan? Yap, pecel merupakan salah satunya, sekaligus kuliner favorit sejuta umat, nih. 

Tapi gak hanya pecel aja kok yang nikmat disajikan dengn bumbu kacang. Masih banyak hidangan khas Jawa Timur lainnya yang wajib buat kamu coba. Kira-kira apa saja, ya? Intip ulasannya dibawah ini. 

1. Pecel Madiun

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!ilustrasi pecel madiun (instagram.com/the.lucky.belly)

Pecel memang selalu identik dengan makanan berbumbu kacang yang kerap menjadi pilihan kuliner di Jawa Timur. Cara penyajiannya yang sederhana dengan daun pisang atau dipincuk menambah sensasi menikmati pecel semakin sedap dengan rasa yang otentik. 

Pecel sendiri berasal dari wilayah Madiun. Kuliner ini cukup mudah kamu temui di pinggiran jalan. Sebungkus nasi pecel biasanya dipatok dengan harga mulai Rp5 ribuan. Akan semakin nikmat kalau menikmati pecel dengan pilihan lauk pelengkap, seperti tahu, tempe, rempeyek, dan bakwan jagung. 

2. Tahu Tek

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!ilustrasi tahu tek (instagram.com/ariemadione)

Kuliner legendaris khas Kota Surabaya yang tak kalah nikmat dengan saus bumbu kacang adalah tahu tek. Pada dasarnya makanan ini terbuat dari tahu setengah matang yang disajikan dengan siraman bumbu kacang yang dicampur dengan petis dan bawang goreng. 

Untuk seporsi tahu tek biasanya dilengkapi dengan lontong, kentang goreng, tauge,  irisan timun, serta kerupuk. Cukup lengkap, bukan? Jadi akan sangat disayangkan kalau kamu sampai melewatkan kuliner yang kaya rasa satu ini pastinya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Baso Aci di Malang, Kuliner Cuaca Dingin

3. Rujak Cingur 

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!ilustrasi rujak cingur (instagram.com/the.lucky.belly)

Masih dari Surabaya  lagi, nih. Salah satu kulineran yang gak boleh terlewatkan adalah rujak cingur. Mungkin kalau kalian warga lokal pasti sudah tahu kuliner satu ini, kan? Yap, rujak cingur terbuat dari campuran buah dan sayur, seperti nanas, timun, mangga muda, tempe, tahu, tauge, kangkung, dan lontong. 

Mengapa dikenal dengan istilah rujak cingur? Sebab, selain disajikan dengan campuran buah dan sayur, rujak cingur juga dilengkapi dengan irisan mulut atau moncong sapi, lalu disiram dengan bumbu petis. Tertarik cobain kuliner satu ini, gak? 

4. Sate Madura

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!ilustrasi sate madura (instagram.com/ariemadione)

Sate sudah menjadi salah satu makanan favorit warga lokal yang bisa kamu temukan dimanapun dengan sangat mudah. Jenis sate khas Nusantara pun cukup beraneka ragam dan yang tak kalah terkenal adalah sate madura. Pasti sudah pernah cobain, kan? 

Sate madura terbuat dari daging ayam. Untuk menyajikan sate madura biasanya dilengkapi dengan sambal atau bumbu kacang. Rasa dagingnya yang juicy berpadu dengan bumbu kacang yang gurih memang bikin kelezatannya makin menggugah selera. 

5. Pecel Semanggi

5 Ragam Kuliner Berbumbu Kacang Khas Jawa Timur, Rasanya Medok Banget!ilustrasi pecel semanggi (instagram.com/njajan.tulungagung)

Pecel semanggi juga merupakan kuliner favorit khas Surabaya. Berbeda dengan pecel Madiun, pecel semanggi terbuat dari daun semanggi yang dikukus. Lebih uniknya lagi, bumbu sambal semanggi ternyata terbuat dari campuran ubi, kacang tanah, gula merah, dan petis, lho. 

Gak kalah sedap, pecel semanggi biasanya juga disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang. Cara penyajiannya yang sederhana ini menambah cita rasa saat menikmati pecel semanggi makin nikmat. 

Mana nih kuliner khas Jawa Timur dengan kacang yang sudah pernah kamu coba? Semua masakan di atas punya rasa yang nikmat dan khas banget, lho. Jadi tunggu apalagi? Jangan lupa untuk mencicipi pas lagi kulineran, ya. 

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Ngawi yang Bikin Ngiler dan Ketagihan

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya