Comscore Tracker

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembut

Manis berpadu gurih yang cocok dinikmati selagi hangat

Memiliki rasa manis menjadikan kue apem banyak digemari netizen. Bahkan, kue ini sering disajikan saat acara istimewa. Kini kamu gak perlu repot beli di luar karena bisa bikin sendiri melalui resep kue apem ubi jalar pandan kukus. 

Kreasi resep kue apem ini dijamin bikin kamu tuai pujian dari tamu acara kamu, lho. Simak resep kue apem ubi jalar pandan kukus lengkapnya di sini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue apem ubi jalar pandan

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembutilustrasi ubi jalar (unsplash.com/louishansel)

Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 130 gram gula pasir
  • 150 gram ubi jalar
  • 4 gram ragi
  • 4 gram baking powder
  • 160 ml air pandan
  • 160 ml santan

2. Kukus ubi jalar sampai matang

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembutilustrasi mengukus ubi jalar (unsplash.com/Frank Zhang)

Dalam membuat kue apem ini diperlukan ubi jalar. Siapkan ubi jalar, kupas bagian kulitnya kemudian cuci sampai bersih, tiriskan. Masukkan ubi jalar ke dalam panci kukusan, lalu kukus di api sedang sampai matang.

Setelah ubi jalar kukus matang, lalu angkat dan taruh ke dalam wadah. Kemudian, lumatkan menggunakan sendok garpu selagi panas sampai halus, sisihkan.

3. Tambahkan campuran tepung terigu dan tepung beras sambil diayak

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembutilustrasi mengayak tepung untuk membuat adonan (vecteezy.com/trp-ssb_454248)

Campur air pandan, santan, dan gula pasir lalu kocok menggunakan whisk sampai gula larut. Setelah larut, masukkan tepung terigu serta tepung beras sambil diayak. Tambahkan ubi halus lalu kocok sampai rata dan tidak bergerindil.

Barulah, beri ragi serta baking powder lalu kocok selama 2-3 menit. Kemudian, diamkan selama 30 menit, sisihkan. Adonan kue apem ubi jalar pandan siap untuk digunakan.

Baca Juga: 6 Jenis Apem di Indonesia yang Memiliki Kesamaan Rasa tapi Beda Rupa

4. Kukus adonan kue apem ubi jalar pandan hingga matang

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembutilustrasi mengukus adonan kue apem ubi jalar pandan sampai matang (pixabay.com/juno1412)

Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sebelumnya telah dipanaskan di panci kukusan selama 10 menit. Barulah, masukkan cetakan berisi adonan ke dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan.

Jangan lupa, alasi tutup panci dengan kain bersih supaya air tidak menetes ke dalam adonan. Lalu, kukus adonan kue apem ubi jalar pandan selama 15 menit sampai matang.

5. Kue apem ubi jalar pandan siap untuk disajikan

Resep Kue Apem Ubi Jalar Pandan Kukus, Teksturnya Lembutapem ubi jalar pandan kukus (instagram.com/fang_t10)

Nah, setelah dikukus selama 15 menit dan adonan matang, segera matikan api lalu buka tutup panci. Kemudian, angkat kue dari dalam panci kukusan dan biarkan uap panasnya mengurai.

Jika sudah menghangat lalu keluarkan kue dari cetakan. Voila! Kue apem ubi jalar pandan siap untuk disajikan selagi hangat bersama secangkir kopi atau segelas teh hangat.

Kalau kamu bingung ingin menyajikan sajian yang pas untuk acara spesial. Resep kue apem ubi jalar pandan kukus tadi cocok dijadikan ide alternatif. Kamu bisa membuatnya seperti resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu, Lembut dan Empuknya Bikin Nagih

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya