Comscore Tracker

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka Puasa

Sukses hilangkan dahaga dalam sekejap!

Rambutan merupakan salah satu buah yang banyak ditemui pula di negara tropis. Salah satunya di Indonesia. Gak heran, di musim tertentu, daerah Indonesia menyumbangkan hasil panen buah rambutan melimpah.

Nah, buat domisili daerahmu yang kebetulan Ramadan tahun ini sedang panen buah rambutan, kamu beruntung, deh. Sebab, kamu bisa mengolah buah rambutan menjadi aneka kreasi nikmat.

Daripada terbuang sia-sia, mending kreasikan rambutan menjadi manisan, yuk. Perpaduan rasa nikmatnya benar-benar menyegarkan tenggorokan, lho. Berikut resep manisan rambutan yang bisa kamu coba untuk menu takjil berbuka puasa.

1. Bahan-bahan membuat asinan rambutan

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka Puasailustrasi buah rambutan (unsplash.com/Joyce Romero)

Bahan-bahan:

  • 2 kg rambutan
  • 150 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 buah jeruk limau, peras airnya
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 2 buah cabai merah keriting, haluskan

2. Kupas dan buang biji rambutan

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka Puasailustrasi mengupas rambutan (instagram.com/pasarnow)

Siapkan buah rambutan terlebih dahulu. Kupas rambutan dan pisahkan dari bijinya, letakkan daging rambutan yang telah bersih ke dalam wadah. Lakukan hingga selesai, sisihkan.

Berikutnya, buatlah bumbu manisan. Ambil cabai merah keriting, buang tangkai dan cuci sampai bersih. Haluskan secara kasar menggunakan ulekan maupun blender. Jika sudah, segera sisihkan sebentar.

2. Masak gula pasir hingga larut

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka Puasailustrasi melarutkan gula merah (youtube.com/Ekprtw)

Letakkan panci di atas kompor untuk memulai memasak kuah manisan. Di dalam panci masukkan air lalu, didihkan menggunakan api sedang.

Setelah mendidih, segera tambahkan gula pasir dan masak sambil terus diaduk hingga larut. Matikan api, biarkan suhu panasnya menghilang. Kemudian, barulah kuah siap digunakan bersama campuran rambutan.

Baca Juga: 5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kue

4. Campurkan bahan manisan rambutan ke dalam wadah

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka Puasailustrasi mencampurkan bahan manisan rambutan (yummy.co.id)

Sesudah kuah gula mendingin, siapkan wadah untuk mencampurkan daging rambutan. Tambahkan air larutan gula, garam, air jeruk nipis, air jeruk limau, dan cabai merah yang telah dihaluskan.

Setelah itu, campuran bahan tersebut diaduk terlebih dahulu sebelum disantap langsung maupun disimpan dalam kulkas agar cita rasanya tercampur rata. Nikmat banget!

5. Manisan rambutan siap disajikan

Resep Manisan Rambutan, Pedas dan Segarnya Cocok buat Buka PuasaManisan rambutan (instagram.com/novialuciana)

Manisan rambutan ini memadukan cita rasa dengan nikmat, yakni antara pedas, asam, dan manis. Manisan menjadi salah satu suguhan yang layak buat kamu coba sebagai menu berbuka puasa, nih.

Apalagi, sajian ini paling mantap dinikmati dengan dingin kulkas. Buatlah mulai dari sekarang, lalu dinginkan di dalam kulkas hingga menunggu azan berkumandang.

Nah, buat daerah tempat tinggalmu yang kebetulan bulan Ramadan tahun ini lagi musim buah rambutan, olahan satu ini worth it banget buat kamu terapkan. Soal rasa gak usah ditanya, deh.

Yuk, coba bikin manisan rambutan buat menu buka puasa. Bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnismu, nih. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Manisan Lembut dengan Sensasi Hangat dari Pumpkin Fudge

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya