Comscore Tracker

Tips Memasak Daging Babi dengan Benar, Rasanya Makin Mantap!

Jika salah mengolah, babi justru bisa menyimpan parasit

Memilih dan memasak daging gak bisa sembarangan, termasuk daging babi. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memasak daging babi.

Seperti daging lainnya, daging babi kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Namun jika salah mengolah, daging babi justru bisa menyimpan parasit yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, bagi kamu yang ingin memasak daging babi, berikut beberapa tips yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Memilih bagian daging yang tepat

Tips Memasak Daging Babi dengan Benar, Rasanya Makin Mantap!thespruceeats.com

Setiap hewan ternak seperti sapi, kambing, atau babi tentunya memiliki bagian daging yang berbeda-beda. Setiap bagian biasanya dimanfaatkan untuk masakan yang berbeda-beda pula.

Bagian pinggang, seperti tulang iga dan has dalam, cocok dimasak dengan cara dipanggang, dibakar, atau ditumis. Bagian perut biasa diolah menjadi bacon.

Sementara bagian kaki atau paha biasanya dijual dalam bentuk sudah diolah matang atau melalui proses pengasapan.

Kalau pengin aman, kamu bisa memilih bagian has dalam atau pork tenderloin. Bagian ini memiliki sedikit lemak dan biasanya tidak mengandung gula dan garam tambahan maupun pengawet.

2. Marinasi sebelum dimasak

Tips Memasak Daging Babi dengan Benar, Rasanya Makin Mantap!pbfingers.com

Proses marinasi dapat membantu meleburkan kandungan protein dan mempertahankan kelembutan daging babi. Selain itu, proses marinasi juga bisa membantu membunuh kuman yang menempel pada daging.

Kamu bisa melakukan proses marinasi terlebih dahulu selama 24 jam. Bumbunya bisa berupa campuran garam, gula, bubuk kayu manis, perasan air jeruk nipis, dan bubuk rempah-rempah. Kandungan air jeruk nipis pun bisa menghilangkan bau amis pada daging.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner Babi Paling Enak di Jakarta, Dijamin Ketagihan

3. Perhatikan suhu saat memasak

Tips Memasak Daging Babi dengan Benar, Rasanya Makin Mantap!notesofbacon.com

Daging babi sebaiknya dimasak pada suhu antara 62 hingga 71 derajat Celsius. Suhu tersebut bisa mematikan mikroorganisme berbahaya tanpa harus merusak citarasa daging.

Jika terlalu panas, biasanya akan terlalu banyak keluar minyak, sehingga daging menjadi kering. Jika terlalu matang saat memasaknya, daging justru bisa mengandung lebih banyak senyawa penyebab kanker.

4. Tips memanggang daging babi

Tips Memasak Daging Babi dengan Benar, Rasanya Makin Mantap!cookingclassy.com

Setelah dimarinasi, daging bisa diolah menjadi berbagai masakan. Salah satu cara mengolah daging babi yang paling mudah adalah dengan cara dipanggang.

Pertama, keluarkan daging dari rendaman bumbu marinasi, lalu panggang setiap sisi selama 6-7 menit. Daging harus dipanggang hingga berwarna kecokelatan dan usahakan memiliki bekas panggangan ketika selesai.

Jaga alat pemanggang tetap dalam keadaan tertutup untuk mempercepat proses pemasakan. Kamu bisa memasak daging pada suhu 70 derajat Celsius untuk menghasilkan daging yang lebih juicy. Jika kurang yakin dengan suhunya, kamu bisa menggunakan termometer daging.

Untuk mencegah daging lengket pada pemanggang, lapisi dasar pemanggang dengan minyak yang memiliki titik asap tinggi seperti minyak zaitun atau minyak biji anggur.

Nah, itulah beberapa tips memasak daging babi yang tepat. Semoga bisa membantu proses memasakmu ya. Kamu sendiri paling suka olahan daging babi apa, nih?

Baca Juga: 4 Tips Memilih Daging Babi yang Berkualitas, Begini Caranya

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya