Comscore Tracker

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam 

Buatnya gampang, pas untuk anak kos! 

Kembang kol atau kubis bunga merupakan sayuran yang berwarna putih dan bentuknya bulat menyerupai bunga. Sayuran ini berasal dari Eropa subtropis dan mudah ditemukan di kalangan masyarakat Indonesia. Selain teksturnya yang unik, banyak kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam kembang kol.

Teknik pemanfaatan kembang kol sudah bermacam-macam, seperti direbus, digoreng, dimasak tumis dan sebagainya. Berikut adalah cara membuat kembang kol asam manis yang mudah dan praktis. Jangan khawatir, resep di bawah tanpa memerlukan daging sebagai protein, lho.

1. Bahan-bahan membuat kembang kol asam manis 

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam ilustrasi bahan (pexels.com/Angele J)

Bahan kol:
2 kembang kol
2 sdm soy sauce
1 sdm bubuk bawang putih
1 sdm kaldu sayur atau kaldu jamur
2 sdt lada putih
3 sdm tepung maizena

Bahan adonan basah:
3 sdm tepung maizena
6 sdm tepung terigu
1 sdm baking powder
1 sdm bubuk bawang putih
2 sdt garam
200 ml air soda

Bahan saus asam manis:
1 paprika merah
1 paprika hijau
2 sdm saus sambal
6 sdm saus tomat
3 sdm gula
½ sdt lada putih
1 sdm kaldu sayur atau kaldu jamur
¼ atau ½ sdm cuka putih

Bahan pelengkap:
Sesame seed
Daun bawang

2. Taburkan kembang kol dengan bumbu dapur 

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam ilustrasi membumbui kembang kol (youtube.com/One Big Hap)

Sebelum kembang kol dicelupkan ke dalam adonan basah, kamu perlu menyiapkan kembang kol yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera. Cuci bersih dan keringkan kembang kol. Lalu, siapkan satu mangkuk bersih sebagai wadah.

Tuang soy sauce, bubuk bawang putih, dan kaldu sayur. Jika tidak memiliki kaldu sayur, kamu bisa menggantinya dengan kaldu jamur. Taburkan juga tepung maizena agar kembang kol dengan bumbu lainnya dapat meresap.

Baca Juga: Resep Kembang Kol Goreng Tepung, Camilan Sehat yang Bikin Nagih!

3. Buat adonan basah 

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam ilustrasi membuat adonan basah (youtube.com/One Big Hap)

Adonan basah digunakan sebagai adonan dasar sebelum digoreng. Adonan tepung dapat membuat tekstur kembang kol yang garing atau crispy ketika digoreng nanti. Cara membuatnya adalah mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, kaldu sayur, bubuk bawang putih, dan baking powder.

Taburkan juga garam untuk menambah rasa asin. Selanjutnya, tuang air soda untuk hasil adonan lebih maksimal dalam membuat tekstur kembang kol yang renyah. Namun, air soda dapat digantikan dengan air biasa. Aduk hingga merata sehingga konsistensinya agak kental.

4. Goreng kembang kol dua kali hingga crispy

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam ilustrasi menggoreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Siapkan minyak goreng di panci, kemudian celupkan kembang kol yang sudah dibumbui ke dalam adonan basah. Masukkan kembang kol ke dalam minyak dengan api ukuran sedang. Goreng hingga crispy sekitar 2–3 menit.

Tips agar kembang kol matang secara merata adalah memasukkannya tidak sampai memenuhi seluruh permukaan panci. Sisihkan kembang kol yang sudah matang selama 5 menit. Goreng lagi kembang kol dengan api besar. Angkat ketika warnanya sudah kecokelatan.

5. Buat saus asam manis 

Resep Kembang Kol Asam Manis, Hidangan Sehat Pengganti Ayam ilustrasi membuat saus (youtube.com/One Big Hap)

Potong paprika dengan bentuk dadu. Ingat, buang bagian putihnya, ya. Tumis bawang putih yang sudah dicincang dan masak hingga harum. Masukkan paprika dan oseng hingga setengah layu.

Tambahkan air, saus tomat, sriracha, lada putih, gula, dan cuka. Masukkan kembang kol yang sudah digoreng garing. Aduk hingga merata, kemudian angkat dan sajikan dengan topping, seperti sesame seed dan potongan daun bawang.

Resep kembang kol asam manis merupakan perpaduan rasa yang menakjubkan. Tidak hanya rasanya yang lezat, resep ini juga hemat biaya. Tunggu apalagi, selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Kembang Kol ala Thailand yang Menggugah Selera 

Catherine Zeta Jones Photo Verified Writer Catherine Zeta Jones

she writes about foods, travel, and any hype things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya