Comscore Tracker

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!

Cocok buat bekal lho

Jepang memang terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang enak dan lezat. Salah satu menu yang sangat populer dan favorit semua kalangan adalah sushi. Nasi yang digulung dengan berbagai macam kreasi isian ini memang cocok di lidah masyarakat Indonesia. Sehingga gak dipungkiri restoran yang menyajikan sushipun menjadi laris manis.

Nah, sebenarnya kamu bisa kok membuat sushi di rumah, gak perlu bayar mahal di restoran dan kamu bisa kreasikan isian sesuai dengan kesukaanmu. Nah, yuk ikuti tips berikut agar kamu berhasil membuat sushi.

1. Pilih beras yang pulen dan masak dengan tepat

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!corriecooks.com

Beras menjadi bahan utama untuk membuat sushi. Karena beras jepang susah didapat, kamu bisa menggunakan beras lokal Indonesia yang punya tekstur pulen. Bisa juga tambahkan beras ketan dengan takaran setengah dari beras lokal. Nah, setelah nasi matang diamkan dulu selama 10 menit lalu beri 1/2 cup cuka beras, 2 sdt gula dan 1/2 sdt garam. Bumbu inilah yang membuat cita rasa nasi pada sushi menjadi khas.

2. Potong seukuran tipis korek api untuk isian sushi

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!blog.williams-sonoma.com

Berbagai macam isian sushi bisa kamu kreasikan agar sushi semakin menarik dan lezat. Jika kamu tidak mengonsumsi ikan salmon mentah, jangan khawatir kamu bisa isi dengan alpukat, wortel, telur dadar, mentimun, ikan tuna dan lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan isian berbentuk korek api ya, jadi lebih mudah saat menggulung sushi nantinya.

Baca Juga: Kekinian Banget! 7 Aneka Macam Sushi Bowl, Bisa Jadi Ide Santapan

3. Lapisi gulungan bambu dengan plastik

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!geniuskitchen.com

Gulungan bambu atau biasa disebut juga dengan makisu memegang peranan penting dalam pembuatan sushi. Nah, siapkan makisu lalu beri plastik di atasnya, baru lembaran nori. Kemudian ratakan nasi, beri ruang sedikit di ujung agar ukuran sushi tidak terlalu besar. Letakkan isian sushi di atasnya, padatkan ya.

4. Gulung sushi sedikit demi sedikit, sambil ditekan dengan lembut

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!japancentre.com

Saat menggulung sushi, lakukan sedikit demi sedikit sambil ditekan-tekan dengan lembut agar menempel. Nah, setelah keseluruhan tergulung, buka gulungan bambu, lalu ulangi proses menekan sushi dengan lembut hingga nasi dan nori menempel dengan sempurna.

5. Potong menggunakan pisau tajam

Ini Dia 5 Tips Mudah Membuat Sushi Rumahan, Dijamin Endeus!thespruceeats.com

Langkah yang gak kalah penting adalah saat memotong sushi. Gunakan pisau tajam agar sushi dapat terpotong dengan rapi.

Nah, yuk coba bikin sushi di rumah, cocok buat isi lunch box ke kampus ataupun ke kantor. Praktis dan simpel.

Baca Juga: 7 Etika Makan Sushi yang Benar, Jangan Sampai Salah biar Gak Malu

Zivanhea Photo Community Writer Zivanhea

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You