Comscore Tracker

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!

Masih mau cari telur ceplok?

Telur merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Makanan tinggi protein ini bahkan menjadi menu wajib di setiap restoran untuk sarapan. Tapi, tahukah kamu kalau telur mempunyai istilah yang berbeda-beda sesuai dengan cara pengolahannya?

Bagi seorang koki, setiap olahan makanan memiliki istilahnya sendiri lho. Maka dari itu meski terbuat dari bahan yang sama, namanya bisa beragam. Biar gak bingung kalau mau pesan di restoran lagi, yuk simak nama-nama telur berikut. 

1. Hard boiled egg 

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pexels/dialnutrition

Hard boiled egg atau yang lebih merakyat dengan nama telur rebus ini merupakan telur yang sering kamu jumpai pada olahan makanan. Telur rebus ini memiliki bentuk bulat sempurna dan matang sepenuhnya. Saat kamu menginginkan telur rebus, ingat istilah ini ya!

2. Soft boiled egg

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pexels/cottonbro

Jika kamu tidak menyukai telur rebus yang matang sempurna, kamu bisa mencari istilah soft boiled egg pada daftar menu. Telur yang satu ini memiliki kuning telur yang matang sebagian sesuai namanya. 

3. Poached egg

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pexels/readymade

Memiliki bentuk yang sama dengan soft boiled egg, poached egg memiliki teknik yang berbeda pada proses pembuatannya. Untuk membuat telur rebus yang satu ini koki harus melepaskan kulitnya terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam air mendidih.

Baca Juga: Resep Telur Gulung Camilan Favorit Anak-anak, Bikin Sendiri Yuk!

4. Hard scrambled

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pixabay/aedrozda-1654969

Scramble egg dapat diartikan sebagai telur orak-arik. Sesuai namanya, dalam proses pembuatannya telur ini diorak-arik di atas wajan atau teflon hingga matang sempurna. Untuk mendapatkan rasa scramble egg yang sempurna, seorang koki tidak akan memasaknya terlalu lama.

5. Soft scrambled

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pexels/daria

Saat kamu membaca istilah ini, kamu bisa membayangkan telur yang diorak-arik setengah matang. Rasanya yang creamy menjadikan soft scrambled menu andalan beberapa restoran.

6. Omelette

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pixabay/ponce_photography-2473530

Tentunya kamu tidak asing dengan istilah ini. Banyak restoran yang menyediakan omelette dalam menu sarapan.

Omelette adalah telur dadar yang diberi potongan sayur dengan berbagai daging olahan. Olahan telur yang satu ini sering menjadi pilihan karena porsinya yang mengenyangkan. 

7. Sunny side up

Ini 7 Istilah Telur dalam Daftar Menu Restoran, Kamu Wajib Tahu!pexels/chrslnz

Sesuai namanya, sunny side up adalah telur yang diceplok seperti matahari. Sunny side up juga sering disebut telur mata sapi.

Di beberapa restoran, telur ini memiliki bagian kuning yang tidak matang sempurna. Sebelum memesan, ada baiknya kamu menanyakannya terlebih dulu ya!

Meskipun terbuat dari telur yang sama, tetapi jika melalui proses yang berbeda istilahnya juga ikut berbeda lho. Jadi, sudah tahu kan akan mencari istilah yang mana untuk telur favoritmu?

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Ini Lho 5 Alasan Mengapa Telur Asin Menggunakan Telur Bebek

dea merina Photo Writer dea merina

deamerina.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya