Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!

Biar kamu tidak kecewa lagi karena salah membeli semangka

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan mudah ditemukan baik di supermarket-supermarket besar sampai ke pedagang di pasar atau toko buah di pinggir jalan.

Tapi karena tekstur kulit semangka yang keras dan dagingnya tidak berbau, seringkali kamu salah dalam memilih dan malah membawa pulang semangka yang belum matang. Belum lagi ada oknum-oknum yang menyuntikkan pewarna agar daging semangka terlihat merah seperti layaknya semangka yang sudah masak.

Tapi jangan khawatir, berikut panduan untuk memilih semangka mana yang kira-kira memang sudah matang untuk kamu bawa pulang.

1. Pilih semangka dengan semburat warna kuning

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!Pixabay/TheDigitalArtist

Saat kamu berniat membeli semangka, lihat baik-baik apakah pada kulitnya apakah ada semburat warna kuning yang tampak. Warna kuning ini adalah sebagai petunjuk termudah kalau semangka dipetik memang dalam keadaan sudah matang.

Rasa manis pada semangka juga ditandai dengan munculnya warna ini. Kalau tidak terlihat ada semburat kuning, sebaiknya taruh kembali dan pilih saja yang lain.

2. Pilih yang berat

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!Pixabay/Alisonupdyke

Semakin berat maka semakin mahal harganya. Ya, memang betul, tapi semakin berat juga berarti semakin memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Apabila 2 buah semangka dengan diameter yang sama, memiliki berat berbeda, pilihlah yang terberat.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Semangka yang Harus Kamu Tahu, Sehat Sih tapi...

3. Garis putih pada semangka

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!Pixabay/Dimitrisvetsikas1969

Kalau kamu melihat luka berwarna putih atau titik-titik berwarna cokelat, itu juga merupakan petunjuk kalau semangka yang kamu pilih memiliki rasa yang manis sampai-sampai serangga pun tertarik ingin mencicipi semangka itu.

Jangan terkecoh dengan bercak jamur ya, karena jamur menandakan kalau ada bagian semangka yang sudah busuk.

4. Pilih semangka dengan kulit yang jelek

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!Pixabay/Naredi

Semakin muda semangka maka kulitnya semakin bagus, halus, dan mulus.

Memang kelihatannya bersih dan menggiurkan, tapi ternyata semangka yang seperti ini menandakan kalau semangka belum masak. Semangka yang sudah matang, kulitnya tidak akan secerah semangka muda, tidak akan mengkilap, justru jelek dan tidak bersinar. Tapi itulah yang terlezat.

5. Semakin gelap kulit semangka semakin bagus

5 Tips Memilih Buah Semangka yang Matang Sempurna, Kamu Wajib Tahu!Pixabay/Leszekhus

Tanda yang satu ini memang seringkali menjadi penanda buah-buahan manapun kalau mereka sudah matang. Tapi seringkali kamu abai akan tanda ini karena tergiur dengan warna semangka muda yang cerah. Padahal semakin gelap warna kulit semangka berarti rasa dagingnya semakin manis.

Nah itulah 5 tanda yang harus kamu perhatikan sebelum membeli semangka. Jangan sampai terkecoh walaupun daging semangka terlihat merah kamu tetap harus berhati-hati ya. Selamat berbelanja!

Baca Juga: 5 Resep Buah Semangka Tapi Bukan untuk Minuman, Unik!

Winta D Sumarsono Photo Writer Winta D Sumarsono

An ex-banker turn into a lifestyle writer ❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya