Comscore Tracker

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke Tulang

Kuncinya ada di persiapan bumbu dan teknik masak

Teksturnya yang lembut serta kaya akan nutrisi membuat daging ayam jadi makanan favorit banyak orang. Tapi, akan lebih nikmat lagi kalau ayam yang dihidangkan memiliki rasa yang gurihnya sampai ke tulang, matangnya merata ke seluruh bagian, dan juga empuk. Siapa sih yang bisa menolak saat disuguhi ayam seperti ini?

Kamu bisa lho memasak sendiri ayam yang lezatnya meresap sempurna hingga ke tulang. Gak sulit kok, kuncinya ada di persiapan bumbu, cara mengungkep, dan teknik memasak. Langsung aja deh simak  cara masak ayam gurih hingga meresap sampai tulang di bawah ini.

1. Gunakan bumbu yang halus

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangFoodal.com

Supaya gurihnya ayam terasa sampai ke dalam, pastikan kamu menggunakan bumbu yang sudah benar-benar halus. Bumbu yang halus lebih mudah meresap ke tiap bagian ayam. Sedangkan bumbu yang kasar sulit untuk meresap, bahkan terkadang hanya menempel di permukaan.

2. Masak bumbu sebelum digunakan

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangVitarock.com

Sebelum digunakan, masak bumbu terlebih dahulu hingga matang dan harum. Hal ini bertujuan agar bumbu lebih cepat meresap sampai ke dalam dan membuat aroma masakanmu lebih sedap.

3. Gunakan air secukupnya

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangDinneratthezoo.com

Saat mengungkep, jangan menggunakan terlalu banyak air karena hal ini akan membuat masakanmu terasa hambar dan mengeluarkan air ketika di masak. Selain itu, menggunakan air terlalu banyak juga hanya akan membuat bumbu yang sudah kamu siapkan terbuang sia-sia bersama sisa air. Jadi, pastikan kamu menggunakan air hanya sampai seluruh bagian ayam tenggelam.

4. Jangan ungkep 1 ekor ayam secara utuh

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangBbc.com

Aturan yang wajib kamu taati supaya bumbu bisa meresap sampai ke tulang adalah jangan mengungkep 1 ekor ayam secara utuh. Hal seperti ini akan membuat bagian dalam hambar karena bumbu gak bisa meresap sampai ke bagian dalam. Jadi, kamu harus memotong-motong ayam terlebih dahulu. Dengan begitu, dijamin bumbu bisa meresap dengan sempurna bahkan hingga ke bagian tulang.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Topping

5. Kerat ayam sebelum diungkep

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangEatthis.com

Supaya bumbu bisa meresap sempurna, kerat permukaan ayam yang akan diungkep dengan pisau. Tapi, jangan mengerat terlalu dalam atau terlalu banyak garis karena akan membuat daging mudah hancur.

6. Jangan terlalu singkat saat mengungkep ayam

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke Tulangsimplyrecipes.com

Untuk membuat ayam yang gurihnya sampai ke tulang, kamu gak bisa mengungkep ayam dengan bumbu hanya dalam waktu singkat. Hal ini karena ayam memiliki daging yang tebal sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama agar bumbu dapat meresap sempurna sampai ke bagian dalam. Jadi, sebaiknya rendam ayam minimal 30 menit sambil dimasukkan ke dalam kulkas.

7. Gunakan api kecil

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke Tulangplanungwelten6.club

Jangan pernah terburu-buru ketika memasak ayam dan hindari memasak dengan api besar. Alih-alih membuat masakanmu cepat matang, memasak ayam dengan api besar hanya akan membuat ayam gosong di bagian luar dan mentah di bagian dalam. Selalu gunakan api kecil agar daging ayam bisa matang sempurna dan gurihnya pun merata sampai ke tulang.

8. Tutup panci dengan benar

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke Tulangshutterstock.com

Menutup panci ketika memasak dapat mencegah air yang mengandung bumbu menguap dan hilang. Selain itu, dengan menutup panci akan membuat panas di dalam panci lebih stabil dan merata, efeknya daging jadi lebih empuk. 

9. Masak dengan waktu yang cukup

Cara Masak Ayam yang Gurih, Meresap Sampai ke TulangTastseofsouthern.com

Hindari memasak ayam terlalu lama ataupun terlalu sebentar. Memasak ayam terlalu lama dapat membuat daging ayam terlalu empuk dan mudah hancur. Sedangkan, terlalu sebentar dapat membuat daging kurang matang dan bumbu tidak dapat meresap sempurna.

Gimana, mudah kan caranya? Kamu gak perlu lagi ke restoran untuk sekedar menyantap ayam karena sekarang kamu udah bisa membuat ayam yang lezatnya sempurna sampai ke semua bagian. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Cara Memasak, Dikira Lebih Cepat tapi Malah Memperlambat

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You