Comscore Tracker

Resep Kepak Ayam Madu Khas Malaysia, Sedapnya Maksimal!

Rasa legit manisnya meresap sampai ke dalam

Kepak ayam madu khas Malaysia mulai dikenal di Indonesia sejak penayangan serial anak-anak Upin dan Ipin. Dalam serial tersebut diceritakan, sahabat Upin dan Ipin yang bernama Mail sering membantu ibunya berjualan ayam goreng.

Rupanya, Mail menjual kepak ayam madu alias sayap ayam yang dibakar. Kepak ayam madu sendiri merupakan salah satu street food yang mudah ditemukan di beberapa wilayah di Malaysia, khususnya ketika bazar Ramadan.

Di Indonesia, ayam ini pun mulai banyak dijual di berbagai kota dan cukup laris, lho. Kamu juga bisa buat sendiri kepak ayam madu ini di rumah.

Bahan-bahannya mudah dan pastinya sudah ada di dapurmu. Berikut resep kepak ayam madu khas Malaysia yang sedap gila. 

Baca Juga: 5 Cara Memilih Ayam Kampung Berkualitas, biar Gak Ketipu!

Bahan-bahan dan cara membuatnya

Resep Kepak Ayam Madu Khas Malaysia, Sedapnya Maksimal!kepak ayam madu si mae (instagram.com/kepakayammadu_pertamajogja)

Total waktu penyajian: 2 jam
Jumlah porsi penyajian: 6-8 porsi

Bahan-bahan:

  • 10-12 buah sayap ayam
  • 4 sendok makan madu
  • 3 cm jahe, kupas lalu parut
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan brown sugar
  • 2 sendok makan bubuk cabai
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus lada hitam
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • margarin secukupnya

Cara membuat kepak ayam madu khas Malaysia:

  1. Cuci sayap ayam sampai bersih dengan air mengalir. Tiriskan.
  2. Letakkan sayap ayam ke dalam wadah atau baskom besar. Tusuk menggunakan garpu atau tusuk gigi agar nantinya bumbu bisa meresap.
  3. Masukkan madu, jahe, bawang putih, brown sugar, bubuk cabai, kecap manis, saus tiram, saus lada hitam, lada bubuk, lada bubuk, dan penyedap rasa. Aduk sampai tercampur rata. 
  4. Tutup baskom dengan plastic wrap, lalu diamkan selama 1-2 jam di dalam kulkas agar bumbu meresap sampai ke bagian dalam.
  5. Panaskan teflon dan oleskan margarin di atasnya. Panggang sayap ayam secara bergantian sesuai ukuran teflon. Ketika setengah matang, oleskan sisa bumbu marinasi di seluruh permukaan ayam.
  6. Jika sudah kecokelatan di semua sisinya, angkat dan biarkan hingga uap panasnya hilang. Ulangi sampai semua ayam habis diolah.
  7. Kepak ayam madu siap disajikan untuk lauk makan siang.

Tips membuat kepak ayam madu khas Malaysia:

  1. Jika ingin bumbu marinasi meresap dengan sempurna dan sayap ayam jadi lebih sedap, kamu bisa menyimpannya semalaman di dalam kulkas.
  2. Kepak ayam madu biasanya memiliki warna yang cerah, karena ditambah pewarna makanan merah. Namun, tidak semua orang suka ketika ayam mentah dicampur dengan pewarna karena mirip dengan darah. Kamu bisa menyesuaikan hal ini sesuai seleramu.
  3. Jika saus marinasi tersisa banyak, kamu juga bisa mengolahnya menjadi saus cocolan. Caranya hanya dengan masak saus sampai mendidih, lalu koreksi rasanya. Tambahkan bubuk cabai atau garam jika suka.
  4. Banyak metode dan alat yang bisa digunakan untuk memanggang ayam selain menggunakan teflon. Kamu bisa menggunakan oven, air fryer, atau alat pemanggang dengan arang.

Itu dia resep kepak ayam madu khas Malaysia yang rasanya sedap dan bakal bikin kamu menghabiskan banyak nasi. Gak perlu jauh-jauh ke Malaysia buat mencicipinya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kare Ayam Jawa Timur Paling Sedap, Gak Cukup Sepiring Nasi

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya