Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas Melayu

Teksturnya crispy di luar, lembut di dalam

Kuih bahulu atau bolu kering klemben merupakan salah satu jenis kue manis yang banyak ditemui di daerah Melayu, termasuk Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Indonesia. Meski berkerak, tapi dalamnya memiliki tekstur lembut.

Kue tersebut kerap menjadi sajian dalam acara hajatan. Sedangkan di Singapura atau Malaysia, sering menjadi kudapan untuk keluarga saat merayakan Hari Imlek.

Kamu juga ingin membuatnya sendiri di rumah? Simak resep kuih bahulu dan cara membuatnya berikut ini!

1. Sejumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuih bahulu

Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas Melayuilustrasi bahan untuk membuat kuih bahulu (unsplash.com/calumlewis)

Bahan utama untuk membuat kuih bahulu, yakni tepung terigu. Jika ingin warnanya lebih menarik, kamu bisa menambahkan pewarna makanan dengan warna kuning telur. Namun, kamu juga bisa membuatnya tetap lezat dan menarik tanpa pewarna makanan.

  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • Pewarna makanan
  • ½ sdt SP atau emulsifier lainnya
  • ½ sdt vanili bubuk
  • ½ sdt baking powder

2. Panaskan panci serbaguna atau oven

Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas MelayuIlustrasi memanasakan panci serbaguna (unsplash.com/awkwardhuman)

Sebelum membuat adonan kuih bahulu, siapkan panci serbaguna atau oven. Kemudian letakkan cetakan kuih bahulu di dalam panci atau oven. Lalu, panaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan ke dalam cetakan.

Sedangkan untuk olesan pada cetakan dapat menggunakan margarin atau mentega cair sehingga adonan tidak lengket pada cetakan ketika diangkat.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Bolu Kemojo, Kue Basah Khas Melayu yang Manis dan Legit

3. Campurkan gula pasir, telur, dan emulsifier

Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas Melayuilustrasi mencampur adonan (unsplash.com/sxtcxtc)

Siapkan wadah untuk tempat adonan. Masukkan gula pasir, telur, dan emulsifier. Kemudian, aduk semua bahan tersebut dengan kecepatan tinggi sehingga berubah warna menjadi putih dan kental.

Jika menggunakan pewarna makanan, tambahkan sesuai dengan warna yang diinginkan. Kemudian aduk kembali hingga tercampur merata.

4. Tambahkan tepung terigu, vanili bubuk, dan baking powder

Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas Melayuilustrasi mengayak tepung (unsplash.com/sonianadales)

Saatnya menambahkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk. Tambahkan sambil diayak supaya tidak ada gumpalan dan adonan tercampur merata. Aduk dengan mixer menggunakan kecepatan paling rendah.

Lakukan langkah tersebut hingga adonan semakin kental dan tercampur merata. Setelah itu, aduk kembali menggunakan spatula untuk adonan yang menempel di tepi wadah.

5. Panggang adonan hingga matang dan siap disajikan

Resep Kuih Bahulu, Kudapan Manis Khas Melayuilustrasi memanggang kuih bahulu (instagram.com/hello_nessie)

Saatnya menggunakan panci serbaguna atau oven berserta cetakan yang telah dipanaskan sebelumnya. Olesi cetakan menggunakan mentega atau margarin. Masukkan sedikit demi sedikit adonan ke dalam cetakan, kira-kira sepertiga dari cetakan.

Panggang menggunakan api kecil atau suhu rendah. Tunggu selama 10-15 menit hingga kuih bahulu matang. Jika menginginkan kuih bahulu lebih crispy, balik adonan dan panggang kembali. Setelah matang, angkat dari cetakan dan siap dinikmati.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara membuat kuih bahulu yang merupakan kuih khas Melayu dengan tekstur crispy di luar, lembut di dalam. Tidak hanya untuk perayaan hari besar atau hajatan, tapi juga cocok sebagai kudapan.

Baca Juga: Resep Kue Karas Khas Melayu yang Unik dan Simpel

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya