Comscore Tracker

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezat

Kunci utamanya, jangan dipanaskan, ya

Banyak sekali olahan sayur khas Nusantara yang jadi favorit karena rasanya yang gurih, salah satunya adalalah sayur sop. Bumbu dasar sayur sop juga cukup sederhana, ada bawang putih, merica, garam, dan gula.

Namun, walaupun pembuatannya mudah, ada beberapa orang yang masih sulit untuk memasak sayur sop yang gurih dan sedap. Kalau kamu salah satunya, cobalah tips dan trik memasak sayur sop berikut ini. 

1. Gunakan bawang merah

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezatilustrasi bawang merah dan bawang putih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski bawang putih merupakan bumbu utama dalam sayur sop, kamu juga membutuhkan bawang merah. Takaran bawang merahnya gak perlu terlalu banyak, cukup setengah dari jumlah bawang putih. 

2. Tumis bumbu halus hingga matang

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezatilustrasi menumis (timesofindia.com)

Setelah bumbu-bumbu dihaluskan, tumis bumbu halus ini hingga matang dan aromanya wangi. Jangan lupa untuk mengaduk bumbu saat menumis agar tidak gosong. Bumbu halus yang ditumis ini akan menciptakan kegurihan pada kuah sayur sop. 

3. Gunakan kaldu ayam asli

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezatilustrasi membuat kaldu ayam (balancingandie.com)

Jika biasanya menggunakan kaldu bubuk instan, cobalah menggunakan kaldu alami dari rebusan ayam atau sapi. Dagingnya juga bisa ditambahkan ke dalam sayur sop. Dijamin rasanya akan lebih nendang dan aromatik.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Daging biar Cepat Empuk dan Lembut, Begini Caranya!

4. Tambahkan daun seledri dan daun bawang

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezatilustrasi seledri posciety.com)

Biar aromanya lebih harum, tambahkan daun seledri dan daun bawang pada proses akhir pembuatan sayur sop. Aroma kuat dari seledri dan daun bawang ini akan melengkapi kuah sayur sop yang gurih, sehingga rasanya lebih segar. 

5. Jangan dipanaskan kembali

5 Tips Memasak Sayur Sop, Rasanya Lebih Sedap dan Lezatsayur sop (freepik.com/timolina)

Pada dasarnya, sayur sop ini akan bertahan sekitar delapan jam saja. Selebihnya, kuah sayur sop akan lebih asam dan kurang enak.  

Jangan memanaskan sayur sop kembali dengan tujuan agar lebih tahan lama. Kuahnya akan jauh lebih asin dan rasanya juga berubah.

Itulah beberapa tips dan trik memasak sayur sop, supaya rasanya lebih gurih dan lezat. Kamu paling suka menikmati sayur sop dengan lauk apa, nih?

Baca Juga: Resep Sop Kimlo yang Enak yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya