Comscore Tracker

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!

Cocok buat kamu yang bosan dengan saus pedas

Saus gak harus memiliki cita rasa pedas, sebab ada varian saus lain yang punya sensasi rasa umami dan sedikit asam, salah satunya adalah saus tartar. Tipe saus seperti ini paling nikmat dimakan bersama hidangan gurih bertekstur garing.

Daripada beli, kamu bisa membuat saus tartar sendiri di rumah, lho. Dilansir Inspired Taste, resep saus tartar bisa kamu temukan di sini dengan proses pembuatan yang cukup simpel. Simak sampai tuntas, ya!

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan 

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!ilustrasi bahan yang dipotong (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bahan-bahan:

  • ½ cangkir mayones
  • 3 sdm acar dill cincang
  • 1 sdm dill segar
  • 1 sdm perasan air lemon
  • 1 sdm capers (opsional)
  • ½ sdt dijon moster (opsional)
  • ½ sdm kecap inggris
  • Secukupnya garam dan lada hitam

2. Campur adonan ke dalam wadah 

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!ilustrasi adonan saus (pixabay.com/tookapic)

Pertama-tama siapkan wadah untuk mengaduk adonan. Kemudian masukkan mayones, acar yang sudah dicincang, dill segar, air lemon, kecap inggris, dan dijon moster. Fungsi acar dalam sajian ini bisa membuat tekstur saus makin enak, jadi sebaiknya jangan di-skip.

Gunakan spatula atau sendok untuk mencampur adonan. Kocok terus sampai bahan-bahan tersebut menyatu tanpa menggumpal dan teksturnya berubah menjadi lebih kental. Kalau kamu ingin mengganti mayones dengan bahan lain, maka alternatif paling tepat adalah yoghurt tanpa rasa.

Baca Juga: 5 Fish and Chips Lezat di Singapura, Lezat Kriuknya Meriah!

3. Tambahkan perasa sesuai selera 

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!ilustrasi saus tartar (pixabay.com/Plamen Ivanov)

Langkah berikutnya, kamu bisa membumbui saus tartar ini menggunakan garam dan lada hitam supaya rasanya lebih kentara. Aduk seluruh adonan hingga bumbu perasa tercampur rata menggunakan sendok atau spatula.

Bila rasa saus tartar kurang nendang, kamu bisa menambahkan ekstra garam atau lada hitam, serta bisa pula memasukkan tambahan air lemon. Fungsi lemon adalah untuk menambah tekstur sekaligus memberi sensasi sitrus yang membuat saus tambah harum.

4. Simpan di lemari es 

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!ilustrasi lemari es (pixabay.com/Pexels)

Kalau konsistensi dan rasanya dirasa sudah pas, maka saus tartar bisa dikonsumsi segera. Namun untuk hasil yang lebih baik, sangat direkomendasikan menyimpan saus di lemari pendingin terlebih dahulu.

Durasi penyimpanan bisa dibuat sesingkat mungkin sekitar 30 menit sebelum dikonsumsi. Dengan begitu, saus tartar siap untuk dijadikan hidangan pendamping bagi macam-macam makanan favorit kamu.

5. Saus dapat dinikmati dengan aneka sajian

Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!ilustrasi fish and chips dan saus tartar (pixabay.com/pixel1)

Jika saus tartar masih bersisa, kamu dapat menyimpan saus tersebut di lemari pendingin biar awet. Saus ini bisa bertahan selama kurang lebih 1 minggu di suhu dingin.

Selain itu, kamu dapat menikmati saus tartar ini sebagai pelengkap untuk hidangan populer mulai dari makanan serba ikan, seperti fish and chips atau salmon. Bahkan saus ini akan cocok disantap bersama ayam goreng crispy.

Saus tartar adalah makanan pendamping yang sangat populer. Selain membeli dalam kemasan siap santap, kamu dapat membuat saus tartar sendiri dengan konsistensi dan rasa yang bisa disesuaikan dengan lidah. Yuk, coba bikin!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Fish and Chips Terlezat di Hong Kong

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya