Comscore Tracker

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!

Bikin hidangan klasik tersebut makin enak

Hidangan pendamping yang tidak bisa dijauhkan dari sajian swedish meatball adalah saus gravy. Ciri khas dari saus ini terletak pada teksturnya yang kental dan memiliki sensasi umami. Keunikan itu akan melengkapi makanan saat menikmati bola-bola daging. 

Dilansir melalui situs add a pinch, ada cara sederhana membuat saus gravy yang enak untuk bola daging tersebut. Mari simak resep saus gravy di bawah ini untuk segera kamu buat sendiri di rumah!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!ilustrasi tepung terigu (unsplash.com/Melvyn Swingler)

Bahan-bahan saus:

  • 2 cangkir kaldu sapi
  • 1 cangkir susu cair
  • 2 sdm mentega
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada hitam

2. Buat adonan tepung

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!ilustrasi adonan tepung dalam panci (pixabay.com/Eak K.)

Langkah pertama, buat adonan tepung dengan mempersiapkan wajan atau saucepan ukuran sedang. Berikutnya masukkan 3 sendok makan tepung terigu dan 2 sendok mentega, lalu masak di api sedang kecil.

Untuk mempermudah proses pembuatan adonan ini, gunakan whisk atau spatula sebagai alat mengocok adonan hingga merata. Biarkan bahan-bahan ini dimasak sampai warnanya menjadi emas kecokelatan.

Baca Juga: Resep Swedish Meatballs, Bakso Khas Swedia yang Populer di Indonesia

3. Masukkan bahan-bahan cair

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!ilustrasi adonan dalam panci (pexels.com/RODNAE Productions)

Tahap berikutnya, kamu perlu memasukkan kaldu sapi sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga teksturnya mengental. Ini dilakukan supaya tidak ada adonan tepung yang menggumpal karena belum terkocok dengan baik.

Kalau teksturnya sudah agak berat, maka berikutnya tambah adonan tersebut menggunakan susu. Bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti susu adalah heavy cream. Keduanya akan membuat tekstur saus jadi lebih padat saat dimasak.

4. Tambahkan bumbu perasa

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!ilustrasi adonan dan whisk (pixabay.com/Julian Velasco)

Untuk menyempurnakan hidangan tersebut, jangan lupa memberikan bumbu perasa. Tinggal masukkan kecap inggris, lada dan garam, kemudian aduk-aduk seluruh komponen saus sampai menyatu.

Jika adonan sudah termasak dengan baik dan tercampur rata, maka kamu dapat melakukan koreksi rasa untuk mendapatkan cita rasa saus yang disukai. Boleh menambahkan bahan-bahan penyedap lain yang dirasa diperlukan, lho.

5. Masak saus bersama bola daging

Resep Saus Gravy untuk Swedish Meatball, Gurih Lezat!ilustrasi memasak bola daging (pixabay.com/Cornell Frühauf)

Terakhir, tinggal masukkan swedish meatball yang sudah diolah secara terpisah. Campur hingga seluruh bagian daging terlapisi memakai saus creamy tersebut. Bila sudah merata, langsung matikan kompor.

Kamu bisa menikmati makanan ini bersama aneka pendamping seperti kentang tumbuk atau sayuran kukus. Selain itu, hidangan ini juga dapat dinikmati dengan tambahan daun peterseli untuk menambah aroma dan penampilan masakan biar makin enak.

Saus gravy ternyata bisa dibuat secara sederhana untuk melengkapi hidangan bola-bola daging ala Swedia. Rasa dan kekentalan yang pas membuat pendamping ini cocok untuk diolah dalam jumlah banyak sebagai stok di rumah.

Baca Juga: Resep Bola-bola Kornet yang Nikmat, Cocok untuk Bekal Anak ke Sekolah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya