Comscore Tracker

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!

Kamu gak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta buat makan gudeg

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya gak lengkap kalau belum makan gudeg nangka. Yap, gudeg memang makanan khas Yogyakarta yang paling populer.

Namanya makanan khas, biasanya agak susah untuk menemukannya di kota lain. Sebenarnya, gudeg bisa ditemukan di banyak tempat dengan mudah, yang susah adalah menemukan gudeg dengan cita rasa otentik.

Namun, kabar baiknya, untuk bisa makan sepiring gudeg nangka, kamu sebenarya gak harus beli, lho. Daripada sulit mencari restoran yang menjual, baiknya kamu memasak resep gudeg nangka berikut ini di rumah. Cita rasanya bak lagi makan di Yogyakarta, deh!

1. Bahan-bahan membuat gudeg nangka

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar bahan-bahan membuat gudeg nangka (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Bahan utama:

  • 1 kg nangka, kupas dan potong-potong
  • 1,5 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 4 lembar daun salam
  • 1 jempol besar lengkuas, memarkan
  • 120 gram gula merah, iris halus 
  • 1 bungkus kaldu sapi
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 4 lembar daun jati

Bahan bumbu halus:

  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 butir kemiri, sangrai

2. Haluskan semua bumbu menggunakan ulekan

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar bumbu gudeg nangka yang belum dihaluskan (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Langkah pertama untuk membuat gudeg nangka adalah dengan menghaluskan bumbu. Caranya, haluskan ketumbar menggunakan ulekan. Setelah halus, tambahkan bawang merah dan bawang putih.

Setelah itu, ulek semua bahan hingga halus dan tercampur rata. Kamu bumbu sudah halus, pindahkan ke wadah, lalu sisihkan sebentar. Kemudian, siapkan wadah berukuran besar, lalu tuang santan sebanyak satu setengah liter ke dalamnya.

3. Masukkan bumbu halus dan bumbu penyedap ke dalam santan

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar santan dan bumbu gudeg nangka (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam santan. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Kemudian, masukkan juga bumbu penyedap, seperti garam, kaldu jamur, dan kaldu sapi.

Berikutnya, aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu sisihkan. Setelah bumbu siap, sekarang beralih ke proses memasak. Ambil panci berukuran sedang atau besar, ukuran panci harus disesuaikan dengan porsi gudeg yang akan kamu buat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gudeg yang Terkenal Lezat di Sleman, Yogyakarta

4. Lapisi panci dengan daun jati, lalu masukkan potongan nangka

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar bahan-bahan gudeg nangka yang akan dimasak (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Lapisi panci dengan dua lembar daun jati. Tuang nangka yang sudah dipotong-potong ke dalam panci. Kemudian, masukkan juga santan yang sudah diberi bumbu. 

Selanjutnya, tambahkan daun salam, lengkuas yang sudah dimemarkan, dan irisan gula halus. Kalau kamu mau menambahkan telur rebus atau ceker, kamu juga harus memasukkannya ke dalam panci.

Setelah semua bahan masuk, tutup kembali bahan-bahan dengan daun jati sebanyak dua lembar. Masak sebentar.

5. Masak selama 2-4 jam dengan api sedang

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar bahan-bahan gudeg nangka yang siap dimasak (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Ingat, daun jatinya menutupi bahan dan bukan ditaruh di bagian atas panci. Penggunaan daun jati ini untuk memberikan warna merah kecokelatan pada gudeg. Setelah bahan tertutup daun jati, tutup dengan menggunakan tutupan panci. 

Selanjutnya, masak nangka dan santan selama 2-4 jam dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Setelah dua jam, buka tutup panci dan daun jati penutupnya, lalu aduk sebentar dan tutup lagi dengan daun jati dan tutupan panci.

6. Ambil semua daun jati, lalu masak gudeg hingga santan surut

Resep Gudeg Nangka Khas Yogyakarta, Rasanya Otentik Banget!gambar gudeg nangka yang hampir matang (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Setelah santannya hampir surut, buka tutup panci dan ambil daun jati yang digunakan untuk alas dan penutup. Aduk gudeg yang hampir matang sekali lagi. Jangan lupa koreksi rasa untuk memastikan rasa gudeg sudah sesuai selera.

Salah satu ciri khas gudeg nangka khas Jogja adalah gudegnya kering, tanpa kuah. Untuk itu, masak gudeg hingga santannya surut dan nangkanya benar-benar empuk. Jika santan sudah surut dan rasanya sudah pas, segera angkat dan sajikan.

Proses membuat gudeg nangka membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini dilakukan untuk membuat tekstur nangka lembut dan meresap. Meski begitu, proses panjang yang kamu lewati akan terbayar dengan rasa gudeg nangka yang nikmat. Yuk, segera coba buat.

Baca Juga: 8 Tempat Sarapan Enak di Sekitar UGM, Ada Pecel hingga Gudeg

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya