Comscore Tracker

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyah

Lembutnya muffin dan segarnya blueberry jadi satu

Muffin adalah makanan khas dari Inggris dan Amerika. Bentuk dari muffin yaitu bundar dan kecil, rasanya manis. Muffin cocok banget dimakan ketika hangat, sebagai teman untuk kopi atau tehmu. 

Beragam variasi rasa dan inovasi dari muffin kini bermunculan. Salah satunya, blueberry crumble muffin ala Luvita Ho ini. Melalui kanal YouTube-nya, Luvita membagikan resep pembutan muffin ini. Selain itu, Luvita juga memberikan beberapa tips agar muffinmu enak. Simak resep pembuatan blueberry crumble muffin ala Luvita Ho, yuk!

1. Bahan-bahan untuk pembuatan blueberry crumble muffin

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyahilustrasi bahan untuk membuat roti (pexels.com/Klaus Nielsen)

Siapkan bahan-bahan di bawah ini, sebelum kamu mulai membuatnya, ya.

Bahan adonan muffin

  • 2 telur
  • 145 gram gula pasir
  • ½ sendok teh pasta vanilla
  • 90 gram mentega tawar, sudah dilelehkan
  • 30 gram minyak sayur
  • 215 gram yoghurt
  • 275 gram tepung kue atau protein rendah
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh baking soda
  • 25 gram susu bubuk
  • 100 gram blueberry (tambahan untuk topping)

Bahan untuk crumble

  • 35 gram mentega tawar, dingin
  • 30 gram gula halus
  • Sejumput garam
  • 55 gram tepung serba guna/protein sedang
  • 1/2 sendok teh pasta vanilla (opsional)

2. Buatlah crumble terlebih dahulu

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyahmembuat crumble (youtube.com/Luvita Ho)

Masukan tepung terigu protein sedang, gula halus, dan sedikit garam. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur, cukup pakai garpu. Tambahkan mentega tawar yang sudah didinginkan. Beri sedikit pasta vanilla agar wangi.

Hancurkan mentega menggunakan garpu, teksturnya menjadi seperti pasir. Setelah semuanya tercampur, masukan dan diamkan crumble ke dalam kulkas. Crumble akan dipakai dalam keadaan dingin, karena paling bagus saat keadaan dingin.

3. Panaskan oven dan mulai membuat adonan muffin 

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyahilustrasi mencampur adonan roti (pexels.com/Taryn Elliott)

Sebelum membuat adonan, panaskan oven terlebih dahulu. Suhu yang digunakan 180-190˚C. Suhu oven agak tinggi, karena nantinya muffin yang diharapkan sampai golden brown.

Untuk membuat adonan muffin, pertama pecahkan 2 butir telur. Tambahkan sedikit vanilla ekstrak, sedikit garam, dan gula pasir. Kocok sampai warnanya kuning muda, atau sekitar 3 menit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Isian untuk Melengkapi Cream Cheese Muffin

4. Tambahkan bahan cair dan bahan kering ke dalam adonan muffin yang sudah dikocok 

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyahilustrasi menambahkan bahan (pexels.com/Nicole Michalou)

Masukan semua bahan cair ke dalam adonan muffin. Bahan cair terdiri dari mentega tawar yang sudah dilelehkan, minyak sayur, dan yogurt tanpa rasa. Aduk sampai semua tercampur rata. Fungsi minyak yaitu agar kue tetep moist bahkan ketika disimpan di kulkas. Jika kita menggunakan full butter, teksturnya tidak se-moist ketika menggunakan minyak.

Setelah itu, tambahkan bahan kering ke dalam adonan. Bahan kering terdiri dari tepung terigu protein rendah, baking soda, dan susu bubuk. Ayak terlebih dahulu bahan kering, agar tidak ada gumpalan. Aduk semua bahan sampai rata. Tips muffin tidak keras adalah jangan diaduk terlalu lama, cukup diaduk sampai tercampur rata saja.

5. Tambahkan bluberry dan crumble

Resep Blueberry Crumble Muffin ala Luvita Ho, Empuk nan Renyahmenambahkan blueberrey (youtube.com/Luvita Ho)

Langkah terakhir, tambahkan blueberry pada adonan muffin dan aduk menggunakan spatula. Masukan adonan ke dalam loyang muffin. Setiap 1 paper cup, cukup kita isi ¾ cup saja. Jika ingin ditimbang, kira-kira beratnya sekitar 75 gram.

Lalu, tambahkan crumble yang sudah dimasukan kulkas di atasnya. Kemudian, tambahkan blueberry di atasnya sebagai topping, agar muffin kamu makin cantik. Adonan muffin sudah jadi dan siap dipanggang. Panggang menggunakan oven dengan suhu 180-190˚C selama 25-30 menit.

Sekarang, kamu bisa membuat muffin yang enak di rumah. Muffin ini cocok untuk hidangan di rumah atau bahkan bisa jadi ide bisnis, nih. Bahan dan langkah yang mudah dilakukan, membuat kamu tertarik untuk membuatnya, kan?  Selamat mrncobanyanya di rumah, ya.

Baca Juga: 5 Olahan Muffin Kacang untuk Referensi Makanan Crunchy

Linda Abdullah Photo Verified Writer Linda Abdullah

Menulis apa yang ingin aku tulis, semoga ada manfaatnya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya