Comscore Tracker

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala Brasil

Pao de Queijo cocok buat para cheesy lovers

Roti adalah salah satu panganan yang digemari oleh banyak orang. Makanan berbahan dasar tepung ini memang bisa dijadikan menu alternatif untuk memenuhi sumber karbohidrat. Banyak juga yang menjadikan roti sebagai camilan yang mengenyangkan di kala senggang  Seperti makanan yang berasal dari negara Brasil ini, yang merupakan jenis roti-rotian dengan nama Pao de queijo. 

Dilansir theguardian, Pao de queijo merupakan roti keju dalam bahasa Portugis. Makanan ini berasal dari Negara Bagian Minas Gerais, di bagian tenggara Brasil. Berbeda dari roti pada umumnya yang menggunakan bahan baku tepung terbuat dari gandum, Pao de queijo menggunakan bahan baku tepung tapioka. Oleh karena itu teksturnya akan terasa kenyal. 

Visual panganan ini berbentuk bola-bola berwarna keemasan yang sangat menggugah selera. Terlebih lagi jika kamu penggemar rasa keju pasti akan ketagihan sama Pao de quiejo ini karena rasanya akan cheesy sekali. Penasaran dengan menu unik ini? Berikut resep pao de queijo, si roti bola keju ala Brasil yang wajib kamu coba di rumah.

1. Menyiapkan Bahan-bahan

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala BrasilIlustrasi persiapan bahan (pexels.com/Felicity Tai)

Untuk memasak Pao de queijo atau roti bola keju ala Brasil ini, butuh bahan-bahan sebagai berikut:

  • 170 gram Tepung Tapioka
  • 160 ml Susu cair
  • 80 ml Minyak
  • 1 butir Telur besar
  • 1/2 sendok teh Garam 
  • 85 gram Keju Mozarella Parut (Bisa diganti Cheddar)
  • 25 gram Keju Parmesan Parut
  • Secukupnya oregano (opsional)

2. Proses pembuatan adonan Pao de queijo

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala Brasililustrasi proses adonan (unsplash.com/Adam Bartoszewicz)

Sebelum melakukan membuat adonan, panaskan lebih dulu oven pada suhu 200 derajat celsius. Taruh tepung tapioka di wadah besar, kemudian sisihkan.

Di panci cukup besar, tempatkan susu cair, minyak, dan garam, lalu masak hingga mendidih. Tuangkan segera larutan susu cair, minyak dan garam ke dalam wadah tepung tapioka tadi, lalu aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. 

Diamkan adonan hingga mendingin, lalu masukkan telur ke dalam adonan dan aduk sampai tercampur rata. Kemudian tambahkan keju yang telah diparut dan oregano (opsional) ke dalam adonan. Adonan ini akan bertekstur lengket.

Baca Juga: 5 Street Food Khas Brasil yang Paling Populer, Bikin Nagih!

3. Bentuk bulat-bulat adonan Pao de queijo

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala Brasililustrasi bola-bola adonan (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Karena adonan akan cukup terasa lengket di tangan, celupkan jemari kamu ke dalam minyak sebelum membentuk bulatan-bulatan adonan. Kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola dan tempatkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas baking agar tidak lengket. 

Lalu pangganglah bola-bola Pao de queijo ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan dalam suhu 200 derajat celsius, selama 15–20 menit. Bila adonan sudah mengembang dan berwarna keemasan, itu tandanya sudah matang.

4. Tips Menyimpan Pao de queijo

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala BrasilPao de queijo (instagram.com/flyeetelfly)

Kamu juga bisa membekukan Pao de queijo ini, jika ingin memanggangnya di lain waktu. Saat adonan telah dibentuk bulat-bulat, masukkan bulatan-bulatan ke dalam kotak makanan, simpan ke dalam freezer, lalu biarkan membeku. Bahkan adonan ini akan tahan selama tiga bulan. Bisa jadi ide jualan juga!

Kalau kamu simpan pada temperatur ruangan, roti bola keju ala Brasil ini dapat bertahan dalam kurun waktu tiga hari saja. Jika masih ada roti yang tersisa, simpan di tempat penyimpanan kedap udara dan taruh di dalam kulkas agar bertahan hingga seminggu. 

5. Sajikan Pao de Quiejo

Resep Pao de Queijo, Roti Bola Keju ala Brasililustrasi Pao de queijo (instagram.com/arubafooddelivery)

Siapkan piring saji dan taruh bola-bola Pao de queijo. Panganan ini terasa begitu gurih, sehingga kamu juga bisa menyajikannya bersama saus tomat atau saus pedas. Pao de queijo ini cocok dinikmati sebagai camilan, saat berkumpul dengan keluarga di ruang tengah sembari menonton televisi.

Di Brasil sendiri, Pao de queijo biasa 
disantap hangat-hangat setelah selesai dipanggang. Ketika masih hangat, lelehan kejunya menjadi kenikmatan dari makanan ini. Orang-orang Breasil biasa menikmatinya pada waktu sarapan serta didampingi dengan secangkir kopi. 

Bagaimana resep roti bola keju ala Brasil ini? Resepnya sangat mudah diikuti bukan? 
Apakah kamu tertarik untuk mempraktikkannya? Rasa Pao de Queijo yang ngeju dan chewy ini wajib banget jadi makanan baru yang dicoba buat kamu, si cheesy lover, ya!

Baca Juga: 5 Stew Khas Brazil Ini Cocok Jadi Santapan di Tengah Cuaca Dingin

meidy han Photo Verified Writer meidy han

"Push yourself. Don't settle." -Will Traynor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya