Comscore Tracker

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masing

Belilah sesuai dengan kebutuhanmu ya

Kalau kamu doyan masak, memiliki pisau andalan adalah suatu investasi. Punya pisau yang cocok dan berkualitas bikin aktivitas masakmu semakin cepat dan hasil masakan pun bisa maksimal. Namun, sudahkah kamu tahu aneka jenis pisau?

Sebenarnya ada banyak ragam jenis pisau. Namun kalau kamu perlu untuk kebutuhan dapur yang umum saja, sebaiknya ketahui daftar di bawah. Lima jenis pisau di bawah ini adalah yang sesuai dengan kebutuhan dapur dan memasakmu yang sederhana.

1. Pisau chef's

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masingunsplash.com/Tree of Life Seeds

Dalam video masak tentu kamu sering melihat yang namanya chef menggunakan pisau ini. Dinamakan chef's knife karena memang ini adalah alat tempur utama dalam profesi koki.

Pisau ini umumnya berukuran 15-21 cm dengan gagang yang naman. Pisau ini multifungsi. Bisa untuk memotong buah, sayur, bawang, ikan, bahkan daging.

2. Pisau utility

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masingunsplash.com/Angèle Kamp

Kalau pisau ini mungkin adalah yang paling sesuai buat kamu sehari-hari. Utility knife memiliki fungsi yang sama dengan chef's knife namun memiliki bentuk yang lebih kecil dan ergonomis. Bisa memotong segala jenis bahan makanan yang umum dan memiliki gagang yang nyaman pula. Memiliki ukuran sekitar 9-15 cm.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Pisau yang Bagus untuk Kamu Si Hobi Masak 

3. Pisau cleaver

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masingunsplash.com/Haroon Niaz

Kalau yang ini sepertinya lebih cocok disebut kakaknya chef's knife. Pisau cleaver juga biasa disebut Chinese chef's knife. Alat masak yang satu ini multifungsi namun memiliki ukuran yang lebih jumbo dibandingkan pisau chef's. Bentuknya lebih lebar dengan gagang yang lebih kokoh. Pisau ini cocok untuk 'membelah' daging dan bahan makanan yang keras.

4. Pisau roti

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masingunsplash.com/Naveen Venkatesan

Kalau di Indonesia umumnya roti tawar atau lainnya sudah dijual dalam bentuk potongan bukan loaf. Nah, jika kamu membeli roti loaf, pisau ini bisa kamu beli.

Pisau roti berbentuk lebih panjang dan kecil dengan mata pisau yang bergerigi. Hal tersebut bikin roti yang diiris memiliki bentuk yang rapi dan gak hancur. Coba deh kamu potong roti dengan pisau biasa, hasilnya akan berbeda.

5. Pisau frozen food

5 Jenis Pisau Dapur yang Perlu Kamu Tahu, Ada Fungsinya Masing-Masingmychefknives.co.uk

Suka menyimpan daging di freezer, tapi kamu gak punya microwave untuk defrost. Di sisi lain kamu gak sabar pengin segera mengolahnya. Nah, kamu bisa menginvestasikan sebuah pisau khusus untuk memotong makanan beku.

Mirip pisau roti, frozen food knife memiliki mata pisau yang tajam untuk menaklukkan kerasnya makanan beku tanpa nunggu mencair dulu. Kamu bisa menghemat waktu karena bisa memotongnya saat masih beku.

Sebenarnya masih ada banyak jenis pisau lainnya seperti slicing knife untuk memotong daging atau buah dengan tipis. Namun daging lembaran tipis sekarang mudah didapat di pasaran kan?

Lima jenis pisau di atas mungkin yang bisa dijadikan pertimbangan untuk koleksi.

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 6 Alat Masak Utama yang Harus Ada di Dapur, Masakan Jadi Maksimal!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya