Comscore Tracker

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!

Jika dapur rapi, memasak pun terasa menyenangkan

Memiliki dapur yang nyaman tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang. Apalagi sebagai ibu rumah tangg,a dapur menjadi tempat kedua setelah kamar yang paling sering menjadi tempat aktivitas sehari-hari seperti memasak maupun mencuci.

Dapur yang sempit bukan menjadi penghalang untuk menciptakan dapur yang rapi. Ada banyak cara dan ide untuk menempatkan barang-barang kecil yang ada di dapur sehingga bikin dapur kelihatan tetap rapi. Yuk simak idenya!

1. Memakai toples kecil yang seragam

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!sea-m.banggood.com

Toples atau spice jar bisa menjadi pilihan kamu untuk menata bumbu dapur. Pilihlah toples yang seragam agar terlihat rapi. Ukurannya juga disesuaikan dengan apa yang mau diisi.

Toples kecil biasanya digunakan untuk bumbu-bumbu utama seperti garam, gula dan lada. Toples sedang bisa diisi untuk berbagai macam bumbu rempah lainnya. Sedangkan toples yang berukuran besar bisa diisi untung berbagai kacang-kacangan atau berbagai jenis tepung dan pasta.

Kamu bisa pakai toples berbahan kaca agar terlihat apa yang ada di dalamnya. Tetapi jika kamu memilih yang berbahan keramik atau bahan yang tidak transparan, kamu bisa menambahkan label nama sesuai isi dari toples supaya tidak lagi salah membuka bumbu yang mau dipakai. Bisa menghemat waktu kan?

2. Rak dinding gantung untuk menghemat tempat

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!www.bell-vee.com

Jika dapurmu sempit namun masih mempunyai area dinding yang kosong, rak dinding ini bisa menjadi pilihan kamu. Ada berbagai macam rak dinding untuk penyimpanan bumbu dapur. Contoh sederhananya hanya dengan rak ambalan saja kamu sudah bisa meletakkan bumbu-bumbu di sana.

Selain itu, ada juga rak bertingkat yang menyediakan gantungan untuk perlengkapan dapur sehingga bumbu dan perlengkapan memasak bisa diletakkan di satu tempat. Untuk bahan, ada yang terbuat dari bahan kayu, aluminium dan stainless steel. Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhan kamu.

Baca Juga: 8 Kitchen Hacks yang Bikin Kamu Makin Lihai di Dapur

3. Memakai rak sisipan nyaris membuatnya tak terlihat

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!m.tr.dhgate.com

Rak sisipan bisa kamu letakkan di celah antara kabinet dapur dan kulkas. Rak ini bisa diisi berbagai jenis bumbu masakan hingga berbagai macam saus dan kecap. Agar lebih mudah, pilihlah rak sisipan yang mempunyai roda di bawahnya agar memudahkan akses keluar masuk dari celah kabinet.

Beberapa rak sisipan terbuat dari bahan plastik tebal, ada juga yang berbahan dasar kayu. Kalau kamu ingin mempunyai rak sisipan yang permanen di dalam kabinet, kamu bisa menggabungkannya saat membuat kabinet dapur.

4. Memilih rak bumbu bertingkat

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!vingloo.com

Rak bertingkat bisa kamu letakkan di sekitar kompor sehingga memudahkan kamu ketika sedang memasak. Toples bumbu-bumbu ini bisa bersanding dengan minyak maupun alat penggorengan.

Bentuk raknya pun bervariatif, ada yang bertingkat berbentuk persegi panjang, rak bulat bertingkat, ada juga rak sudut bertingkat. Rak bumbu bertingkat ini sudah sangat banyak pilihannya modelnya dan sudah banyak tersedia di toko-toko perabotan rumah tangga maupun di situs belanja online.

5. Rak dapur khusus yang mencakup semuanya

5 Ide Menyimpan Bumbu di Dapur yang Sempit, Bikin Rapi Deh!m.id.aliexpress.com

Rak yang besar dan terbuka seperti ini cocok diletakkan di sebelah kabinet dapur. Kamu bisa menempatkan berbagai toples bumbu dan kotak penyimpanan di rak ini, baik itu rak penyimpanan tepung, beras, maupun penyimpanan untuk stok makanan.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan elektronik dapur seperti blender, food processor, oven, maupun microwave. Semuanya ditata rapi di setiap tingkat raknya agak terlihat rapi meskipun raknya terbuka serta kita harus lebih rajin membersihkan bagian tertentu karena rak terbuka yang memang rentan berdebu.

Nah, itulah 5 ide menyimpan bumbu di dapur yang sempit. Kamu bisa mengaplikasikan tips di atas dengan menyesuaikan bentuk dapurmu sendiri.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Cocok Dibudidayakan dalam Pot untuk Keperluan Dapur

Nana Kurnia Photo Verified Writer Nana Kurnia

hai, saya Nana!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya