Comscore Tracker

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! 

Bisa jadi camilan saat santai bareng keluarga, nih

Siapa sih yang gak suka makan mi instan, benar gak? Hampir semua orang pasti menyukainya, karena rasanya nikmat, cara buatnya pun gampang banget. Asyiknya lagi, mi instan bisa dikreasikan jadi beragam menu lezat, seperti martabak mi misalnya.

Bentuknya mirip martabak asin, tapi isiannya diberi mi instan. Kebayang gak gimana rasanya? Dijamin renyah di luar, tapi lembut banget di dalam.

Kalau kamu pengin buat martabak mi buat camilan kumpul keluarga, simak caranya di bawah ini. Martabak mi buatanmu bakal jadi rebutan dan laris manis, deh!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! georgeinstitute.org.au

Bahan kulit martabak:

  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng
  • 100 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Bahan isian:

  • 2 bungkus mi instan goreng
  • 3 butir telur
  • 1 sdt bubuk kari
  • 1 sdt garam
  • 2 buah daun bawang, iris tipis

Bahan pelengkap:

  • acar timun secukupnya
  • cabai rawit secukupnya

2. Buat adonan kulit martabak terlebih dahulu  

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! cafedelites.com

Masukkan tepung terigu dan garam ke dalam wadah. Kemudian, tambahkan dua sendok makan minyak goreng dan sedikit air. Aduk seluruh bahan tersebut menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Selanjutnya, uleni adonan hingga kalis dengan tangan. Bagi adonan jadi tiga bagian sama besar dan bentuk menjadi bulat. Kemudian, rendam adonan di dalam minyak goreng dan diamkan selama 30 menit agar elastis.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Berbahan Dasar Beras, Gak Cuma Lontong yang Enak

3. Rebus mi instan hingga lunak  

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! simplyrecipes.com

Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan mi instan. Rebus mi instan sampai matang dan melunak. Aduk sesekali agak mi bisa terlepas dengan baik. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan hingga tuntas.

Setelah itu, kocok telur bersama bumbu mi instan, bubuk kari, dan daun bawang. Masukkan mi instan yang sudah hangat ke dalamnya. Aduk kembali mi bersama campuran telur hingga merata.

4. Goreng martabak mi sampai kuning kecokelatan  

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! instagram.com/winniputriii

Ambil satu adonan kulit martabak, lalu pipihkan sampai tipis. Kemudian, langsung letakkan di atas wajan datang yang sudah dipanaskan dengan minyak secukupnya. Tuang adonan mi instan secukupnya, lalu lipat hingga rapat seperti amplop.

Selanjutnya, goreng martabak mi tersebut sampai matang dan kuning kecokelatan. Siram-siramkan dengan minyak agar matangnya lebih merata. Jika sudah, segera angkat dan lakukan proses memasaknya sampai adonan dan isiannya habis.

5. Tips merebus mi biar gak lembek  

Resep Martabak Mie yang Praktis, Renyah dan Gurih Banget! yamatonoodle.com

Demi mendapatkan tekstur lembut mi yang sesuai, kamu gak boleh memasak mi sampai lembek. Nah, biar itu gak terjadi, simak tipsnya berikut ini, ya.

  1. Pastikan kamu merebus mi dengan waktu yang gak terlalu lama. Masukkan saat air sudah benar-benar mendidih, ya.
  2. Biar gak menggumpal, berikan dua tetes miyak goreng ke dalam air rebusan mi.
  3. Kalau gak pengin mi jadi berminyak, rendam mi yang sudah matang dengan air dingin. Dengan begitu, mi gak bakal menggumpal dan lembek, deh.

Begitulah resep martabak mi yang dijamin renyah dan bikin ketagihan. Camilan ini bisa kamu jadikan kudapan saat santai maupun ketika ada acara spesial, lho. Enaknya bikin gak bisa berhenti makan, deh!

Baca Juga: Resep Sempol Ayam Keju Khas Malang, Enak dan Lebih Terjamin Sehatnya

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya