Comscore Tracker

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! 

Gunakan tips ini agar moci kacang buatanmu jadi lebih lezat

Moci merupakan kudapan manis yang terbuat dari tepung ketan sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Moci biasanya disajikan dengan isian manis dengan bentuk yang sangat menggugah selera.

Salah satu varian moci yang paling populer adalah isi kacang. Selain itu, ada juga baluran biji wijen di seluruh permukaan moci yang membujat rasanya jadi lebih mantap. Kamu bernita untuk bikin moci isi kacang juga di rumah? Yuk, cari tahu sederet tips pembuatan moci isi kacang dari Devina Hermawan di bawah ini.

1. Gunakan tepung ketan dengan kualitas baik 

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! ilustrasi tepung ketan (pixabay.com/Karolina Grabowska)

Dalam pembuatan moci, kamu perlu memerhatikan kualitas tepung ketan yang digunakan. Tepung ketan yang dibiarkan lama akan berbau apek dan sangat memengaruhi rasa dan hasil akhir hidangan.

Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan sebuah trik agar tepung ketan yang sudah apek bisa digunakan. Hal itu dilakukan dengan cara menyangrai tepung dengan daun pandan agar bau apek hilang dan tepung dapat digunakan untuk membuat moci.

2. Tambahkan perisa ke dalam adonan moci

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! proses penambahan perisa (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuatnya tambah lezat, tambahkanlah perisa ke dalam adonan moci agar menambah rasa. Sehingga adonan moci buatanmu tidak memiliki rasa yang monoton.

Kamu bisa menggunakan perisa pisang, vanila, atau rasa lain yang sesuai dengan komponen yang akan kamu gunakan. Disesuaikan saja sesuai dengan selera, ya.

Baca Juga: 10 Ragam Moci yang Populer di Jepang, Pernah Coba yang Mana? 

3. Perpadukan kacang tekstur halus dan kasar 

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! kacang untuk isian moci (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat isian kue mocinya, masak air, gula, dan garam hingga mendidih. Lalu, tambahkan kacang giling dan masak di api sedang kecil hingga menyatu sambil diaduk.

Gunakanlah kacang dengan tekstur halus dan kasar. Ini bertujuan agar isiannya dapat menyatu sehingga tekstur dan rasanya lebih lezat.

4. Gunakan loyang yang lebar 

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! proses penuangan adonan moci ke dalam loyang (youtube.com/Devina Hermawan)

Adonan moci biasanya dibuat dengan cara dikukus. Nah, pastikan kamu menggunakan loyang alumunium yang cukup lebar agar ketebalan adonan sekitar 1—2 cm.

Hal ini dilakukan agar adonan moci cepat matang saat dikukus. Keuntungannya, tentu bisa mempersingkat waktu yang digunakan dalam membuat hidangan ini.

5. Tutup loyang dengan plastik atau aluminium 

5 Tips Mudah Bikin Moci Isi Kacang, Anti Gagal! menutup loyang berisi adonan dengan aluminium foil (youtube.com/Devina Hermawan)

Nah, saat proses pengukusan, kamu perlu memberi penutup pada adonan moci agar terhindar dari tetesan air saat dikukus. Tentu hal ini sangat berpengaruh pada adonan.

Kamu bisa menutupi loyang dengan aluminium foil yang anti panas dan aman digunakan untuk proses memasak. Namun, jika kamu tidak punya aluminium foil, bisa menggunakan plstik saja, ya.

Itulah tips-tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat moci isi kacang. Bagaimana, semuanya mudah dipraktikkan di rumah, bukan? Yuk, buat moci isi kacang versi terbaikmu di rumah!

Baca Juga: Tekstur Kenyal dan Manis, Ini 5 Toko Moci Terpopuler di Hong Kong

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya