Comscore Tracker

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidah

Tiap gigitannya bikin ketagihan

Muffin merpakan salah satu kudapan yang mengenyangkan. Bahan-bahan untuk membuat muffin hampir mirip dengan cupcake. Namun, perbedaannya terletak pada pemberian icing. Cupcake disajikan dengan icing di atasnya, sedangkan muffin tidak.

Terdapat banyak varian muffin. Jenis muffin yang mudah dijumpai di pasaran yakni muffin blueberry, muffin choco chip, muffin oat, dan lain sebagainya. Muffin choco chip bisa menjadi salah satu kudapan yang dapat disajikan untuk acara keluarga. Jika ingin membuatnya sendiri, baca resepnya di bawah ini ya.

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidahilustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Bahan muffin choco chip:

  • 70 gram telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1 gram garam
  • 15 gram madu
  • 70 gram mentega tawar
  • 70 gram susu cair
  • 90 gram tepung terigu
  • 3 gram baking powder
  • 30 gram bubuk kakao
  • 20 gram tepung almond
  • 70 gram chocolate chip

2. Kocok telur dan campur dengan bahan-bahan lain 

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidahilustrasi adonan telur (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Pertama, siapkan wadah. Tuang telur dalam wadah tersebut lalu kocok dengan whisk. Kemudian tambahkan dengan gula pasir, garam, dan madu. Aduk hingga tercampur. Tambahkan dengan mentega tawar yang telah dilelehkan. Lalu tambahkan juga dengan susu cair. Aduk semua bahan hingga menyatu.

Baca Juga: Resep Cupcake Strawberry Shortcake yang Manis dan Menyegarkan

3. Tambahkan dengan tepung terigu, bubuk kakao, dan bahan lain 

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidahilustrasi mencampur tepung terigu dan bahan lain (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Selanjutnya, tambahkan dengan tepung terigu, bubuk kakao, baking powder, dan tepung almond. Masukkan dengan cara diayak menggunakan saringan agar hasil adonannya halus dan tidak menggumpal. Setelah itu, aduk semua bahan tadi menggunakan whisk. Pastikan aduk secara merata sehingga tidak ada adonan yang menggumpal.

Terkahir, tambahkan dengan chocolate chip. Aduk kembali hingga chocolate chip-nya tercampur ke seluruh adonan muffin. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam piping bag.

4. Tuang adonan dalam loyang 

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidahilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang untuk cetakan muffin. Kemudian lapisi loyang tersebut dengan paper cup untuk kue. Lalu, tuang adonan ke dalam loyang yang telah dilapisi paper cup cake. Tuang adonan hingga setengah bagian. Jangan tuang hingga penuh karena adonan muffin akan mengembang. Kemudian, beri sedikit chocolate chip lagi di atasnya.

5. Panggang adonan dalam oven hingga matang 

Resep Muffin Choco Chip yang Lembut, Rasa Cokelatnya Manjakan Lidahilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Panaskan oven menggunakan suhu sebesar 160 derajat celcius selama beberapa menit. Setelah oven panas, masukkan adonan muffin ke dalam oven. Panggang hingga matang. Panggang selama 25 menit dengan suhu sebesar 160 derajat celcius. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak di suhu ruang. Muffin choco chip siap dihidangkan.

Muffin choco chip akan semakin nikmat jika disajikan dengan segelas suhu. Tiap gigitannya dijamin manjakan lidah. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Resep Banana Choco Chesee Muffin Cake untuk Camilan Diberbagai Acara

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya