Comscore Tracker

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluarga

Kapan masak bareng keluarga nih?

Memasak adalah aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini bahkan dianjurkan bagi kamu yang ingin menghalau stres lho. Intinya gak perlu traveling atau hangout keluar rumah saat lagi suntuk, dengan memasak pun kamu bisa menghibur diri.

Nah, kalau memasak bisa bikin kamu lebih happy, aktivitas yang satu ini cocok juga dikerjakan bareng anggota keluarga. Jarang quatily time bareng ayah atau ibumu? Gak punya banyak waktu buat ngobrol sama kakak atau adikmu? Yuk, rencanakan akhir pekanmu buat memasak bareng mereka! Apa aja resepnya? Simak nih rekomendasinya!

1. Resep paling gampang dan sudah pasti semua senang? Ayam goreng aja!

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluargaunsplash.com/AlexHaney

Ayam sudah menjadi bahan makanan yang digemari oleh semua kalangan. Selain cocok dengan lidah orang Indonesia, ayam terbilang gampang untuk diolah saat kamu pengen masak bareng keluarga.

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt garam
  • Minyak untuk menumis dan menggoreng
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 6 butir kemir, haluskan
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lbr daun salam
  • 200 ml air

Cara memasak:

  1. Lumuri ayam dengan bawang putih dan garam.
  2. Diamkan di dalam lemari es minimal selama 1 jam.
  3. Setelah 1 jam, keluarkan dari dalam lemari es dan didiamkan sampai suhu ruang.
  4. Tumis bawang putih, kemiri, kunyit, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum dan matang.
  5. Masukkan ayam dan beri air.
  6. Ungkep ayam sampai empuk.
  7. Setelah itu, angkat ayam dari wajan dan ditiriskan.
  8. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak sampai benar-benar panas.
  9. Goreng ayam sampai warnanya kuning kecoklatan dan matang. Angkat lalu ditiriskan.

2. Terong tumis pedas cocok jadi teman makan ayam gorengmu

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluargacookpad.com

Lagi pengen quality time bareng ibumu? Coba deh ajakin beliau buat masak tumis terong pedas bareng. Menu yang satu ini cocok banget lho jadi teman makan ayam goreng dan nasi hangat!

Bahan:

  • 3 buah terong ungu, dibelah menjadi 2 memanjang dan dipotong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 2 sdt ebi, diseduh, disangrai
  • 200 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai tercium bau harum.
  2. Masukkan ebi dan aduk sampai setengah layu.
  3. Tuang air dan masak sampai mendidih.
  4. Tambahkan garam dan gula merah, tumis dan masak sampai matang.
  5. Angkat dan terong tumis pedas pun siap disajikan dengan nasi putih hangat.

Baca Juga: 3 Resep Puding Cokelat yang Mudah, Camilan Enak Sore-sore

3. Cobain nih lezatnya pepes tahu. Selain enak, gampang banget bikinnya

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluargadapurocha.com

Masak bareng keluarga bakal seru kalau nyobain resep-resep baru. Salah satu yang unik tapi tetap gampang bikinnya adalah pepes tahu. Gak cuma enak, menu yang satu ini juga bergizi dan murah meriah lho!

Bahan:

  • 10 buah tahu, haluskan dengan diblender hingga agak lembut
  • 1 lembar daun bawang dirajang halus
  • 4 lembar daun salam
  • 10 buah cabe rawit, tergantung selera
  • 1 buah daun pisang, gunakan sebagai bahan pembungkus
  • Potongan-potongan batang lidi sebagai penyemat

Bumbu halus:

  • 4 buah bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 4 buah cabe merah besar
  • 1 sdt garam dapur
  • 1/2 sdt gula

Cara memasak:

  1. Haluskan semua bumbu kemudian masukkan tahu yang sudah dihaluskan sebelumnya ke dalam sebuah wadah atau baskom, lalu aduk-aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya, masukkan daun bawang yang telah dipotong halus, lalu aduk-aduk kembali.
  3. Sebelum adonan pepes dibungkus dengan menggunakan daun pisang, selipkan beberapa buah cabai jika memang menyukai sensasi pedas, serta selipkan pula daun salam sebagai pewangi.
  4. Bungkus adonan dengan menggunakan daun pisang secara rapi, lalu sematkan dengan menggunakan potongan lidi agar bungkusan tetap terlihat rapi.
  5. Siapkan dandang atau wajan pengukus nasi dan isikan dengan air secukupnya. Kemudian panaskan dan kukus pepes tahu selama kurang lebih 40 menit hingga 1 jam. Setelah itu angkat kemudian sajikan selagi hangat dengan nasi putih.

4. Pengen makanan ringan? Jajal aja resep batagor khas Bandung bareng adik dan kakakmu

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluargajoss.co.id

Quality time bareng adik atau kakak memang paling seru masak-masak makanan ringan yang disukai sekeluarga? Nah, kali ini kamu bisa cobain, nih menjajal resep batagor Bandung.

Bahan:

  • 150 gr daging ikan tenggiri
  • 150 gr daging ayim cincang
  • kulit pangsit instan
  • 100 gr tepung kanji
  • daun bawang yang sudah diiris halus
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 butir telur
  • garam secukupnya

Bahan saus:

  • 100 gr kacang tanah goreng
  • cabe merah sangrai sesuai selera
  • 1 sdm gula pasir
  • 125 ml air hangat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cuka

Cara memasak:

  1. Tahap pertama adalah kocok 1 butir telur dengan cincangan daging ayam dan ikan.
  2. Masukkan pula 6 sendok makan tepung kanji beserta daun bawang yang sudah diiris-iris tadi. Kocok hingga tercampur sempurna.
  3. Tambahkan air hangat secukupnya agar adonan tercampur dengan halus.
  4. Adonan ini bisa diisikan pada tahu atau kulit pangsit.
  5. Setelah selesai, goreng pada minyak panas.

5. Setelah memasak makanan utama, cobain bikin pai susu untuk camilannya

5 Resep Makanan Rumahan, Cocok Disantap Bareng Keluargaunileverfoodsolutions.co.id

Menyiapkan camilan saat momen kumpul bareng keluarga memang pilihan tepat. Kali ini gak usah beli, tapi kamu bisa masak camilannya sendiri. Mau bikin apa? Camilan manis seperti pai susu kayaknya enak nih!

Bahan kulit:

  • 100 gr margarin
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gr gula tepung
  • 1 butir telur
  • 200 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung maizena
  • 20 gr susu bubuk
  • 1/4 sdt baking powder 

Bahan isian:

  • 500 ml susu cair
  • 15 gr tepung maizena
  • 50 gr gula pasir
  • 1/8 sdt garam
  • 6 butir telur
  • 1/2 sdt pasta rasa vanila
  • 50 gr cokelat masak putih

Cara membuat:

  1. Pertama-tama mulailah dengan membuat kulit pai susu dengan mencampurkan margarin, garam, dan gula tepung. Kocok hingga merata kira-kira selama 30 detik.
  2. Lanjutkan dengan memasukkan telur, lalu kocok lagi.
  3. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan baking powder yang sudah diayak dan sambil terus diaduk rata.
  4. Kemudian gumpalkan dan dinginkan selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari es.
  5. Setelah sekitar 30 menit, keluarkan adonan dari dalam lemari es, lalu ambil sedikit adonan kulit. Cetak adonan di cetakan pai bulat berdiameter 20 cm dengan tinggi sekitar 4 cm. Lalu, tusuk-tusuk sedikit dengan garpu atau lidi.
  6. Kemudian, masukkan ke dalam oven dengan api di bawah suhu 170 derajat Celsius selama kurang lebih 15 menit sampai kecoklatan dan matang. Angkat kulit pai dan sisihkan sejenak, biarkan kulit pai menjadi dingin.
  7. Untuk isiannya, cukup dengan mencampurkan semua bahan lalu tuang sedikit ke dalam masing-masing kulit pai yang tadi sudah didinginkan.
  8. Kemudian, masukkan kembali ke dalam oven dengan api di bawah suhu 160 derajat Celsius selama kurang lebih 60 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. Pai susu pun siap dihidangkan saat kumpul keluarga. 

Nah, gimana? Bakal seru 'kan kalau kamu menjajal resep-resep di atas bersama keluarga di rumah? Yuk, rencanakan quality time bareng keluarga saat akhir pekan!

Baca Juga: 5 Resep Bowl Food Antimainstream, Enak dan Gak Bikin Gendut

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya