Comscore Tracker

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McD

#MasakItuGampang Ayo coba resep kentang goreng ala McD ini!

French Fries McDonald adalah salah satu menu andalan dari restoran fast food tersebut. Namun, sebenarnya french fries telah mengalami proses panjang di pabrik khusus McDonald dengan terdiri atas 19 bahan termasuk bahan kimia, lemak, dan asam seperti dilansir dalam Mashed. Tujuannya untuk menambah keawetan kentang ketika dibawa ke berbagai cabang McDonald.

Untuk membuat french fries ala McDonald kamu tidak membutuhkan keseluruhan bahan tersebut yang digunakan untuk mengawetkan. Kamu hanya perlu beberapa bahan utama yang dapat menghasilkan rasa french fries mirip McDonald dan serenyah punya restoran tersebut.

Berikut ini adalah resep sederhana dari french fries ala McDonald yang bisa kamu coba di rumah.

1. Persiapkan bahan bahan yang akan dipakai

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McDSuperhealthykids.com

Bahan bahan yang diperlukan:

  • 3 buah kentang berukuran besar
  • 1 sendok makan garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng
  • Saus (opsional)
  • Bumbu kentang rasa daging (opsional)

2. Bersihkan pati dari kentang agar mendapatkan tekstur renyah

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McDThechurchcook.blogspot.co.id

Pertama-tama, masukkan kentang yang sudah dikupas lalu diiris panjang panjang ke mangkuk besar berisi air. Bersihkan dengan tangan untuk memisahkan pati dengan kentang. Setelah dibersihkan, maka tiriskan kentang tersebut ke mangkuk kering lainnya.

Agar mendapat kentang yang benar benar bersih dari pati agar renyah kamu dapat merendamnya semalaman atau lakukan langkah di atas berulang kali.

3. Rebus kentang untuk mendapatkan tekstur lembut di dalamnya

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McDSpanishfoodblog.com

Setelah membersihkan kentang dari patinya, maka selanjutnya tuangkan air ke dalam panci secukupnya lalu tambahkan satu sendok makan garam. Aduk-aduk air garam tersebut terlebih dahulu agar merata, baru masukkan kentang yang telah dicuci tadi.

Ketika selesai, tiriskan kentang lalu keringkan sebelum masuk pada langkah selanjutnya. Pastikan benar-benar kering agar ketika menggoreng tidak mengganggu proses.

4. Goreng kentang berulang kali agar renyah

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McDToday.com

Tuangkan minyak yang kira kira dapat merendam kentang selama penggorengan, lalu masukkan kentang ke dalam panci tersebut ketika selesai dipanaskan. Kira-kira waktu awal penggorengan hanya sekitar 2 menit untuk memastikan dalam kentang tetap lembut.

Selanjutnya, goreng kembali kentang hingga berwarna sedikit kecoklatan  setelah ditiriskan dan tunggu hingga dingin sekitar 10 menit.

5. Shake kentangnya dalam mangkuk besar untuk mendapatkan tekstur renyah

Ini Lho Rahasia Kentang Goreng Rumahan Bisa Jadi French Fries ala McDValleyspuds.com

Ternyata salah satu cara untuk membuat french fries yang renyah adalah dengan shake kentang di dalam mangkuk besar atau tirisan. Proses ini dilakukan sekitar 2-5 menit namun secara perlahan agar kentang tidak hancur dari bentuk aslinya.

Pindahkan kentang pada piring, bila ingin menambahkan rasa rasa maka dapat menambahkan bumbu khusus kentang goreng atau hanya saus.

 

Selamat mencoba!

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya