Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembang

Bikin bolu kukus yang mengembang sempurna jadi mudah berkat tips ini

Sering dianggap remeh, ternyata membuat kue bolu kukus tak semudah yang dibayangkan. Ada tips dan trik yang perlu diperhatikan agar kue bolu mengembang dengan sempurna. Salah atau kurang sedikit saja, kue bolu menjadi bantat dan tidak enak.

Apalagi bagi pemula yang sedang atau ingin membuat kue bolu kukus sering diabaikan atau terlupa, inilah resep kue bolu kukus dan beberapa cara membuatnya yang mudah mengembang sempurna!

1. Ayak semua bahan kering sebelum dimasukkan ke dalam adonan

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembangilustrasi mengayak tepung (pexels.com/@roman-odintsov)

Saat ingin membuat bolu atau kue kukus, biasanya bahan kering dan basah harus dipisah dan tak boleh dicampur langsung bersamaan. Untuk bahan basah seperti telur harus diaduk bersama gula dan SP emulsifer hingga mengembang. Barulah bahan kering bisa dimasukkan. 

Tak sembarangan, bahan kering dalam pembuatan bolu juga harus diayak. Hal ini bertujuan agar tidak ada adonan menggerindil dan semua bahan tercampur sempurna. 

2. Pastikan semua bahan yang dipakai segar

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembangilustrasi telur (pexels.com/@klaus-nielsen)

Saat ingin membuat kue bolu, hendaknya memperhatikan kualitas dari bahan yang digunakan. Pastikan semua bahan masih fresh dan layak digunakan atau tidak kedaluwarsa. Hal ini sangat penting agar bolu kukus empuk dan enak.

Menggunakan telur yang bersuhu ruang sangat dianjurkan agar bolu mengembang sempurna. Selain suhunya, ukuran telur juga bisa mempengaruhi kue bolu yang dibuat. Sebaiknya pilih telur yang berukuran sedang saja, ya. 

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Karamel, Tanpa Mixer tapi Lembutnya Maksimal 

3. Didihkan air dalam panci kukusan sebelum digunakan

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembangilustrasi memanaskan kukusan (pexels.com/@oleg-magni)

Mengukus bolu juga harus memperhatikan jenis kukusan yang digunakan. Bolu akan lebih baik hasilnya saat menggunakan kukusan bertutup datar karena bisa menutup sempurna. Selain itu, tutup panci kukusan sebaiknya dilapisi dengan serbet agar air tidak menetes ke atas kue bolu. 

Agar bolu mengembang dan tidak bantat, sebelum loyang dimasukkan ke dalam kukusan, sebaiknya dipastikan dahulu bahwa air di dalam kukusan benar-benar mendidih atau sudah panas.

Hindari pula membuka tutup panci kukusan karena hal ini berpengaruh pada permukaan kue bolu. 

4. Gunakan bahan seperti resep

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembangilustrasi membuat adonan (pexels.com/@katerina-holmes)

Bagi pemula sangat penting mengikuti takaran yang sudah tertera pada resep kue bolu. Karena jumlah bahan dan jenis bahan yang digunakan memengaruhi seberapa mengembang kue bolu.

Seperti penggunaan minyak goreng, mentega, atau santan. Harus benar-benar dicermati karena setiap bahan yang digunakan memberikan efek berbeda pada tekstur dan rasa bolu yang dikukus. 

5. Jangan biarkan adonan bolu di luar terlalu lama

Resep Bolu Kukus dan Cara Membuatnya yang Mengembangilustrasi panci kukusan (thewoksoflife.com)

Agar bolu mengembang sempurna, adonan yang sudah dibuat harus segera dikukus. Jangan sampai adonan dibiarkan terlalu lama karena akan memengaruhi teksturnya. Sehingga dalam membuat adonan bolu harus disesuaikan dengan kapasitas panci kukusan yang dimiliki.

Tetapi bila memang terpaksa harus bergantian, jangan lupa panaskan panci kukusan terlebih dahulu sebelum digunakan mengukus adonan kue bolu yang berikutnya.

Demikianlah resep bolu kukus dan cara membuatnya yang mengembang. Meskipun mudah, namun tips diatas sering terlewatkan bahkan banyak yang tak tahu. Sehingga kue bolu yang dihasilkan pun kurang maksimal. Jadi, jangan kapok bikin bolu kukus lagi, ya 

Baca Juga: 10 Kreasi Bolu Kukus Paling Populer, Lembut Banget di Mulut

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya