Comscore Tracker

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!

Teksturnya tetap lembut meskipun tanpa mentega

Sejak dulu, bolu menjadi kue primadona yang paling digemari di Indonesia. Alasannya karena jenisnya yang beragam, rasanya yang enak, dan teksturnya yang lembut. Meskipun begitu, bahan-bahan dan cara pembuatan bolu ternyata terbilang cukup mudah.

Bolu biasanya berbahan dasar tepung terigu, telur, gula pasir, dan mentega. Namun, ada bolu yang sengaja tidak memakai mentega dan diganti dengan santan yang gurih. Berikut ini resep bolu marmer santan yang praktis dengan 2 telur saja.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi bahan-bahan saat membuat kue (unsplash.com/towfiqu999999)

Bahan-bahan:

  • 65 ml santan cair
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1 sdt pasta cokelat dan kuning
  • vanili secukupnya
  • mentega secukupnya

2. Campurkan telur, gula pasir, dan emulsifier

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat mencampur telur, gula pasir, dan SP (youtube.com/kimam kitchen)

Siapkan wadah dan masukkan telur satu per satu, gula pasir, dan emulsifier secukupnya sesuai takaran. Untuk mencampurkan bahan-bahan ini, kamu bisa menggunakan mikser atau balloon whisk.

Pastikan mengaduk dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, kental, dan berwarna putih seperti busa. Lakukan langkah ini kira-kira selama 8 menit, ya.

3. Tambahkan terigu, santan cair, dan vanili

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat menambahkan tepung terigu, santan cair, dan vanili (youtube.com/kakaeina vlog)

Setelah adonan mengembang, tambahkan tepung terigu yang sudah diayak atau disaring terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar adonan nantinya tidak menggumpal.

Selanjutnya, tambahkan santan cair dan vanili sesuai takaran. Penggunaan santan cair pada adonan akan membuat bolu marmer terasa lebih gurih dan legit. Di sini, kamu juga bisa menggunakan santan instan agar lebih praktis.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!

4. Aduk adonan dengan spatula hingga rata

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat mengaduk adonan (youtube.com/kimam kitchen)

Di tahap ini, pastikan kamu mengaduk adonan dengan benar agar tidak ada bagian yang menggumpal. Kamu bisa menggunakan spatula atau mikser untuk memudahkan semua bahan tercampur rata.

Setelah itu, bagi adonan menjadi dua bagian. Adonan yang lebih sedikit ditambahkan pasta cokelat, sementara adonan yang lebih banyak diberikan pasta kuning untuk mempercantik tampilannya.

5. Siapkan loyang tulban untuk mencetak adonan

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi adonan bolu marmer (youtube.com/kakaeina vlog)

Setelah selesai diberi pasta cokelat dan kuning, siapkan loyang tulban berukuran 12 sentimeter yang sudah diolesi mentega dan diberi taburan tepung terigu agar tidak lengket. Kemudian, tuang adonan di bagian bawah terlebih dahulu.

Berikutnya, tuang adonan kuning di atasnya. Lakukan secara bergantian. Untuk membuat corak untuk mempercantik adonan, kamu bisa menggunakan garpu atau tusuk sate.

6. Kukus bolu selama 30 menit dengan api kecil

Resep Bolu Marmer Santan Kukus yang Gurih, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi adonan bolu marmer saat hendak dikukus (youtube.com/kakaeina vlog)

Kukus adonan bolu dengan api kecil selama 25-30 menit. Pastikan tutup kukusannya dibungkus atau dilapisi kain bersih agar uap airnya tidak menetes pada adonan secara langsung.

Untuk mengetahui tekstur dan tingkat kematangan dari bolu yang dikukus, kamu bisa sesekali menusuknya dengan tusuk sate. Setelah matang, angkat dan diamkan bolu sebentar hingga suhunya turun.

Bolu marmer santan paling cocok disajikan sebagai camilan keluarga yang praktis karena bahan-bahan dan cara pembuatannya yang cukup mudah. Dengan tambahan santan, rasa dari bolu marmer santan ini semakin gurih dan bikin ketagihan, lho.

Baca Juga: Resep Bolu Tape Keju Panggang, Lezatnya Meleleh di Mulut

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya