Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!

Bahan-bahannya pasti ada di dapur

Siapa yang gak suka bolu bertekstur lembut dengan rasanya yang legit? Di Indonesia, bolu digemari sebagai camilan atau makanan penutup yang bisa dipanggang atau dikukus sesuai selera. Bolu biasanya terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur, dan emulsifier.

Namun, seiring berjalannya waktu, komposisi bolu saat ini kian bertambah, seperti bolu red velvet yang diberi campuran pasta red velvet dan cokelat. Bahkan, proses pembuatannya pun hanya membutuhkan 2 telur saja, lho. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi bahan-bahan saat membuat kue (unsplash.com/towfiqu999999)

Bahan-bahan:

  • 12 sdm tepung terigu
  • 8 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 80 ml minyak sayur
  • 1/2 sdt emulsifier
  • mentega secukupnya
  • pasta red velvet dan cokelat secukupnya

2. Campurkaan telur, gula pasir, dan emulsifier

Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat mencampurkan telur, gula pasir, dan emulsifier (youtube.com/kakaeina vlog)

Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan. Kemudian, masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier sesuai takaran. Untuk mempercepat proses pencampuran, kamu bisa menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi.

Adonan yang mengembang ditandai dengan tekstur seperti busa dan berwarna putih. Pastikan melakukan langkah ini selama beberapa menit untuk menghasilkan bolu dengan tekstur yang lembut.

3. Tambahkan pasta cokelat dan red velvet

Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat menambahkan tepung terigu (youtube.com/kakaeina vlog)

Setelah memastikan adonan mengembang sempurna, tambahkan tepung terigu yang sudah disaring terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan tidak menggumpal dan bantat.

Selanjutnya, tambahkan pasta cokelat dan red velvet secukupnya untuk mempercantik tampilan bolu, vanili, dan minyak sayur. Aduk merata sebentar dengan mikser berkecepatan rendah atau kamu bisa menggunakan spatula.

Baca Juga: Resep Bolu Alpukat Panggang, Camilan Sehat untuk Keluarga

4. Siapkan loyang yang diolesi mentega

Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat menuangkan adonan ke dalam loyang (youtube.com/kakaeina vlog)

Siapkan loyang tulban berukuran 16 sentimeter untuk mengukus. Pastikan loyang sudah diolesi mentega di semua sisi agar bolu tidak lengket saat matang.

Tuang adonan bolu red velvet ke dalam loyang secara merata. Kemudian, hentak-hentakan loyang beberapa kali untuk menghindari adanya ruang kosong saat menuang adonan.

5. Kukus adonan selama 30 menit dengan api kecil

Resep Bolu Red Velvet Kukus yang Praktis, Cuma Butuh 2 Telur!ilustrasi saat mengukus adonan (youtube.com/kakaeina vlog)

Kukus adonan bolu red velvet selama 30 menit. Pastikan tutup kukusannya dibungkus kain bersih agar uap airnya tidak menetes secara langsung pada bolu.

Untuk mengetahui tekstur dan tingkat kematangan dari bolu yang dikukus, kamu bisa sesekali menusuknya dengan tusuk sate. Setelah matang, angkat dan diamkan bolu sebentar hingga suhunya turun.

Bolu red velvet kukus siapkan disajikan sebagai camilan atau hidangan manis setelah makan untuk keluarga. Supaya tampilannya semakin menarik, kamu bisa menambahkan butter dan parutan keju sebagai topping di atasnya, lho.

Baca Juga: 7 Penyebab Bolu Kukus Gagal Mekar, Duh Kok Jadi Bantat?

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya