Comscore Tracker

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!

Bisa jadi ide jualan yang murah dan praktis

Selama ini, kita mengenal pempek sebagai salah satu makanan khas Palembang. Hal ini disebabkan pempek sudah ada di Palembang sejak datangnya perantau ke Tionghoa ke Palembang sekitar abad ke-16.

Konon, nama pempek atau empek-empek berasal dari sebutan apek atau pek-pek untuk paman atau lelaki tua Tionghoa. Tentu kita semua tahu bahwa pempek identik dengan daging ikan sebagai bahan utama.

Namun, kalau tidak punya stok ikan, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati kelezatan dari pempek, lho. Ada banyak pempek tanpa ikan yang tak kalah maknyus, lho.

1. Bahan membuat pempek tanpa ikan

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi bahan-bahan yang diperlukan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan pempek:

  • 150 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung tapioka
  • 250 ml air
  • 8 buah telur puyuh
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk
  • merica secukupnya

Bahan cuko:

  • 250 gram gula merah
  • 500 ml air
  • 4 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • asam secukupnya

2. Campur air, garam, kaldu ayam, dan merica

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi saat mencampurkan air, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica (youtube.com/Devina Hermawan)

Siapkan wajan dan tuang air sesuai takaran. Tambahkan merica, garam, kaldu ayam bubuk, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata dengan spatula sampai airnya mendidih.

Setelah mendidih, kecilkan api kompornya agar tidak mudah gosong. Kemudian, masukkan tepung terigu. Aduk dengan spatula sampai semua bahan tercampur rata. Jika sudah, segera angkat dan sisihkan.

3. Tambahkan telur dan tepung tapioka

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi saat menambahkan telur ke dalam adonan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan diangkat, diamkan terlebih dahulu sampai suhunya turun. Sembari itu, kocok lepas dua butir telur dalam mangkuk kecil. Kemudian, tambahkan ke dalam adonan. Aduk dengan spatula sampai tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Pada tahap ini, disarankan untuk menguleni adonan dengan tangan atau kamu juga bisa memakai sarung tangan plastik agar lebih higienis. Lakukan sampai semua bahan tercampur rata.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Pempek Terlezat di Tasikmalaya, Nagih!

4. Bentuk dan isi adonan dengan telur puyuh

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi saat membentuk pempek (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan kalis, kamu bisa membentuk dan mengisi pempek dengan isian yang disesuaikan dengan selera. Kamu bisa menggunakan telur ayam rebus maupun kocok. Kamu juga bisa menggunakan telur puyuh rebus agar mudah dibentuk.

Ambil adonan secukupnya, lalu pipihkan. Letakkan telur puyuh rebus di bagian tengah dan tutup. Ulangi sampai adonan habis. Kemudian, barulah pempek bisa direbus.

5. Rebus pempek sampai mengambang

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi saat merebus pempek (youtube.com/Devina Hermawan)

Sebelum tahap penggorengan, tentu pempek perlu direbus terlebih dahulu sampai matang selama beberapa menit. Pempek yang sudah matang biasanya ditandai dengan posisinya yang mengapung. Setelah direbus, diamkan pempek sebentar sampai suhunya turun.

Saat pempek hendak digoreng, pastikan untuk memanaskan minyak goreng terlebih dahulu. Setelah panas, barulah masukkan pempek dan goreng sampai berubah warna menjadi keemasan. Angkat dan sisihkan.

6. Masa cuko hingga matang dan sedap

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Sedap, Dijamin Laris Manis!ilustrasi saat merebus cuko (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat menyantap pempek rasanya kurang lengkap tanpa cuko. Kamu bisa membuat sendiri cuko dengan bahan-bahan yang cukup mudah.

Pertama-tama, kamu perlu menghaluskan bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Kemudian, siapkan panci dan tuangkan air secukupnya. Masukkan gula merah, bahan-bahan yang sudah dihaluskan, asam, garam, dan gula pasir. Rebus sampai gula merahnya larut dan mendidih sembari diaduk.

Sebelum disajikan dengan pempek, pastikan kamu menyaring cukonya terlebih dahulu agar tidak ada yang menggumpal. Setelah itu, potong pempek menjadi dua bagian, kemudian siram dengan cuko.

Supaya lebih kaya akan tekstur dan rasa, kamu bisa menambahkan potongan mentimun dan mi kuning saat menyantap pempek dan cuko. Dengan tanpa menggunakan daging ikan, resep ini cocok untuk ide jualan yang lezat dan ekonomis.

Baca Juga: Resep Pempek Ikan Selar Kuah Merah Tauco, Bikin Kalap Makan 

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya