Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!

Dijamin selezat tiram khas restoran

Tiram merupakan salah satu olahan laut yang cukup populer dan banyak dikonsumsi. Olahan berbahan tiram biasanya sangat erat kaitannya dengan menu-menu mewah yang hanya tersedia di restoran-restoran kelas atas. Padahal, kamu sendiri bisa juga mengolahnya sendiri di rumah tanpa perlu khawatir dengan hasil masakan yang diperoleh. 

Bila kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mengolah tiram, berikut lima daftarnya. 

1. Pilihlah tiram yang berkualitas

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!forbes.com

Ketika membeli olahan laut, pastikan untuk memilih jenis tiram yang masih segar. Biasanya tiram-tiram akan diperjual belikan dalam keadaan masih hidup dan memang itu menjadi salah satu ciri dari tiram yang segar. Selain itu, pemilihan tiram yang berkualitas juga akan menentukan cita rasanya. 

2. Jangan menyimpan tiram terlalu lama

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!woodmans.com

Kamu boleh saja membeli tiram untuk diolah kemudian hari, namun sebenarnya hal tersebut tidak direkomendasikan. Bila memungkinkan, segeralah olah tiram agar kualitasnya tetap terjaga. Namun, apabila dirasa memang tidak bisa diolah saat itu, maka kamu dapat menyimpannya di lemari pendingin. 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Lezat Berbahan Kerang Tiram, Bikin Perut Keroncongan!

3. Cuci tiram hingga bersih di bawah air mengalir

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!cleaneatingmag.com

Sama dengan bahan makanan lainnya, kamh pun harus mencuci tiram hingga benar-benar bersih di bawah air mengalir. Cara ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran ataupun zat-zat lain yang menempel pada tiram. Lakukan cara ini berulang hingga tiram telah benar-benar bersih. 

4. Olah tiram sesuai selera

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!jesspryles.com

Langkah selanjutnya adalah dengan mengolah tiram sesuai dengan selera. Tiram dapat kanu olah dengan cara di bakar, direbus, ditumis, atau bahkan disajikan secara segar. Pastikan bahwa kamu juga telah mempersiapkan bahan-bahan pendukung lainnya agar hasil masakan juga lezat maksimal. 

5. Bila ingin menyajikan secara segar, letakkan tiram di atas es

5 Tips Mengolah Tiram yang Benar Agar Tetap Segar dan Lezat, Catat Ya!verywellfit.com

Tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menyajikan tiram secara segar tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Namun, hal yang patut kamu perhatikan adalah kesegaran dari tiram yang akan disajikan. Pastikan untuk mempersiapkan es batu sebagai alas untuk menyajikan tiram. Dengan begitu, maka kesegarannya akan tetap terjaga secara maksimal. 

Nah, aneka tips mengolah tiram di atas semoga dapat memberikan informasi untukmu apabila ingin mengolah tiram sendiri di rumah. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood ala Thailand dengan Rasa Menggugah Selera, Nikmat!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya