Comscore Tracker

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!

Gak khawatir kue akan bantet lagi, deh

Membuat kue memang menjadi aktivitas yang menyenangkan, sekaligus penuh tantangan. Namun, prosesnya sudah tentu susah-susah gampang karena banyak risiko gagal apabila tak hati-hati dalam membuatnya.

Salah satu risiko dari kegagalan membuat kue adalah hasilnya yang bantet. Hal ini bisa jadi berasal dari proses pengembangan yang tak tepat. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips agar adonan mengembang sempurna, berikut lima daftarnya. 

1. Siapkan wadah berukuran dua kali lebih besar

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!onbreadalone.com

Ketika mempersiapkan alat-alat untuk membuat kue, salah satu alat yang harus dipersiapkan adalah wadahnya. Kamu perlu mempersiapkan wadah yang ukurannya dua kali lebih besar dari adonan yang dipersiapkan. Hal ini karena nantinya adonan akan mengembang lebih besar dari ukuran pada normalnya. 

2. Perhatikan suhu idealnya

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!foodnetwork.com

Selama proses pengembangan adonan, kamu dapat memperhatikan suhu yang akan digunakan. Idealnya, untuk lingkungan bersuhu rendah biasanya terdapat sekitar 10 derajat selsius. Sementara, 23 derajat untuk suhu ruang. Inilah suhu ideal yang akan membuat proses fermentasi menjadi lebih maksimal. 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Agar Kue Tak Sulit Dikeluarkan dari Loyang, Anti Lengket

3. Uleni dengan lembut

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!americastestkitchen.com

Ketika akan mengolah adonan, kamu dapat menguleni adonan secara lembut. Proses pengulenan ini bertujuan agar nantinya gelembung gas pada adonan tidak mengempis. Dengan begitu, maka adonan akan dapat mengembang dengan maksimal.  

4. Taburi wadah dengan tepung

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!pinterest.com

Pada saat akan meletakkan adonan pada wadah, kamu dapat menaburkan wadah dengan menggunakan tepung terlebih dahulu. Tepung ini nantinya akan membantu agar adonan tidak mudah menempel. Bila sudah begitu, maka adonan akan mudah mengembang. 

5. Tutup adonan dengan kain atau plastik

5 Tips Agar Adonan Kue Dapat Mengembang dengan Sempurna, Anti Gagal!thespruceeats.com

Setelah semua proses selesai dilakukan, maka selanjutnya kamu dapat menutup adonan dengan menggunakan kain atau plastik. Nantinya kamu dapat menyimpan adonan selama beberapa waktu hingga mengembang. Proses penutupan adonan ini dimaksudkan agar adonan tak mudah mengering. 

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat menjadi rekomendasi menarik untukmu agar tak bingung lagi dalam mengembangkan kue. Anti gagal, bukan? 

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Dapat Membuat Kue Menjadi Lebih Mengkilap, Mudah!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya