Comscore Tracker

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!

Dijamin sate buatanmu gak kalah dengan yang di restoran

Sate merupakan olahan yang sangat populer di Indonesia. Ada beragam jenis sate yang tersedia, dari mulai sate ayam, sate sapi, bahkan hingga sate kambing. Ciri khas dari sate adalah proses pengolahannya yang ditusuk dengan sebilah kayu dan diolah dengan cara dibakar, meskipun pada beberapa jenis sate ada yang diolah secara berbeda.

Untuk kamu yang penasaran kira-kira bagaimana caranya agar sate buatanmu empuk dan meresap bumbunya, yuk simak.

1. Memotong daging dengan ukuran serupa

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!today.com

Pada saat proses pembuatannya, daging akan dipotong-potong dengan potongan berukuran kecil. Untuk membuat bumbunya meresap sempurna dan kematangannya merata, maka kamu dapat memaksimalkannya dengan ukuran yang seragam. Jangan memotong daging dengan ukuran yang berbeda.

2. Marinasi daging

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!asweetpeachef.com

Tak ada salahnya untuk memarinasi daging pada sate terlebih dahulu sebelum dibakar. Proses marinasi akan membantu untuk memaksimalkan bumbu yang digunakan sehingga cita rasanya juga akan lebih maksimal. Gunakan bahan-bahan seperti kemiri, nanas, garam, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Baca Juga: Resep Sate Maranggi yang Gurih, Bikin Lidah Bergoyang

3. Gunakan margarin untuk mengolesi panggangan

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!charbroil.com

Langkah selanjutnya adalah dengan cara mengolesi panggangan yang akan digunakan dengan menggunakan mentega. Fungsinya tentu saja untuk meminimalisir kemungkinan lengket pada sate saat dibakar. Kamu dapat membolak-balikannya secara berkala agar kematangannya merata.

4. Jangan lupa terus olesi sate dengan saus bumbu

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!thepauperedchef.com

Tentunya untuk langkah yang satu ini sudah tidak asing lagi untukmu. Selama proses pemanggangan, kamu dapat mengolesinya dengan saus bumbu secara merata. Cara ini untuk membuat bumbunya meresap sempurna dan juga menghindari dari gosong.

5. Menggunakan panas api secara konsisten

5 Tips Membuat Sate yang Empuk dan Meresap Bumbunya, Catat Ya!averagebetty.com

Apabila kamu menggunakan bara api manual, maka kamu perlu memerhatikan panas api yang digunakan. Jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar agar kematangannya nanti sempurna dan merata. Panas api yang konsisten akan membantu meratakan kematangannya.

Nah, dengan memahami cara-cara memanggang sate yang tepat, maka hasilnya pun akan matang secara merata dan juga meresap bumbunya. Mudah untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga: Resep Sate Garo Khas Manado yang Unik, Rasanya Mantap Banget 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya