Comscore Tracker

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!

Cocok dipadukan dengan aneka menu lezat

Siapa yang tak mengenal saus tomat? Rasanya olahan saus ini menjadi salah satu menu favorit lainnya selain saus cabai. Sensasi rasanya yang lebih cenderung manis dan masam membuatnya cocok dikonsumsi semua kalangan, termasuk bagi yang tidak menyukai rasa pedas. Tentunya kamu dapat membuat saus tomat sendiri di rumah secara mudah tanpa takut gagal.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat saus tomat sendiri di rumah, berikut lima daftarnya.

1. Persiapkan bahan-bahan yang berkualitas

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!beniciamagazine.com

Tips pertama yang perlu kamu persiapkan sudah tentu bahan-bahan yang nantinya akan digunakan. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas agar cita rasa dan hasilnya bisa lebih maksimal. Untuk urusan bahan-bahan, antara lain tomat segar berwarna merah, margarin, bawang bombai, garam, dan penyedap rasa.

2. Haluskan dan rebus bahan-bahannya

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!myrecipes.com

Setelah semua bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah dengan menghaluskan semuanya dengan menggunakan blender. Biasanya bahan-bahan akan dihaluskan hingga cukup halus. Selanjutnya, rebus sebentar campuran tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Saus Gochujang yang Pedas dan Nendang, Tertarik?

3. Tambahkan bahan-bahan pendukung

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!essencenutritionmiami.com

Apabila semua campuran tomat telah cukup lama direbus, kamu dapat menambahkan bahan-bahan pendukung. Berbagai bahan-bahan pelengkap tersebut antara lain garam, penyedap rasa, margarin, gula, dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur secara merata.

4. Terus aduk hingga mengental

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!medicalnewstoday.com

Apabila sudah tercampur, maka kamu dapat meneruskan untuk mengaduk saus tomat. Pastikan tak ada sisa-sisa bahan yang padat agar konsistensinya benar-benar cair, namun kental. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 45 menit.

5. Pindahkan ke botol tertutup dalam suhu ruang

5 Tips Membuat Saus Tomat Sendiri di Rumah, Mudah dan Anti Gagal!thepetitecook.com

Setelah saus tomat sudah selesai dibuat, maka kamu dapat mendiamkannya hingga mencapai suhu ruang. Bila sudah, segera tuang dengan menggunakan wadah tertutup. Lalu, simpan ke dalam kulkas agar lebih awet.

Nah, berbagai tips di atas semoga bisa kamu coba di rumah agar dapat membuat saus tomat sendiri yang lezat dan anti gagal. Yuk, coba!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Saus Salsa Segar dan Pedas, Cocok untuk Cocolan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya