Comscore Tracker

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!

Paling enak disantap dengan nasi hangat 

Mengonsumsi ikan memang menjadi pilihan dari banyak masyarakat Indonesia, sejak memang Indonesia termasuk ke dalam negara maritim. Meski ada banyak cara dalam mengolah ikan, namun salah satu yang paling populer adalah dengan cara menggorengnya. Selain praktis, tekstur renyah dari ikan goreng memang sangat memanjakan lidah. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips cerdas dalam menggoreng ikan agar teksturnya tetap renyah dan garing, berikut lima daftarnya. 

1. Memilih kualitas dan jenis ikan

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!freefoodphotos.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli ikan. Pilihlah ikan yang masih memiliki kualitas baik agar dagingnya pun segar. Jika memilih ikan berkualitas jelek, justru dagingnya mudah hancur dan tak akan lezat.

Sementara, ada beberapa jenis ikan seperti kakap yang memiliki tubuh pipih sehingga sangat cocok digoreng, berbeda halnya dengan ikan tongkol yang bertubuh tebal. 

2. Marinasi ikan

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!bearnakedfood.com

Tak lengkap bila mengolah ikan tanpa proses marinasi, termasuk sebelum menggorengnya. Proses marinasi konon mampu membantu mengeluarkan kandungan air pada ikan sehingga jadi lebih garing saat digoreng nantinya.

Selain itu, marinasi juga akan memberikan sensasi rasa tersendiri pada ikan olahan. Setelah proses marinasi, tiriskan ikan sampai cukup kering karena bila terlalu basah, maka tak akan bisa renyah maksimal. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Olahan Ikan agar Tidak Amis, Ampuh Lho!

3. Memasak dengan teknik deep-frying

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!onthewater.com

Menggoreng ikan secara tepat untuk menghasilkan tekstur yang maksimal, lebih baik menggunakan teknik menggoreng dengan minyak yang banyak. Selain agar ikan tak mudah gosong atau menempel pada wajan, teknik ini akan membantu meratakan kematangan dan kerenyahan dari ikan. Hasilnya pun jadi lebih renyah dan garing.

4. Jangan membuat wajan penuh

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!northernontario.travel

Memang menggoreng ikan membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran yang ekstra hingga menunggu ikan matang sempurna. Namun, jangan sampai hal tersebut memaksakanmu untuk menggoreng ikan sekali banyak dalam satu waktu. Hal ini akan membuat ikan jadi tidak merata matangnya dan membuat sulit saat akan di balik atau diangkat. 

5. Tiriskan hingga benar-benar kering

5 Tips Menggoreng Ikan agar Renyah dan Garing, Bikin Ketagihan!foodandwine.com

Setelah menggoreng, maka kamu dapat meniriskan ikan hingga minyaknya luruh. Ikan yang masih basah karena minyak justru akan membuatnya jadi tidak renyah nantinya. Oleh sebab itu, pastikan ikanmu telah kering sebelum disajikan. 

Nah, beberapa tips menggoreng ikan di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu yang tertarik menggoreng ikan di rumah. Sudah tahu tips-tips di atas?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Perhatikan yang Teliti, 7 Tips Memilih Ikan Dori yang Segar

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya