Comscore Tracker

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan Lezat

Pedas dan gurihnya bikin tambah nasi terus!

Siapa yang tidak suka dengan masakan padang? Menu masakan khas Padang memang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Salah satunya menu gulai kepala ikan kakap pedas dan nampol yang bikin tambah nasi terus. 

Terkadang, ada kalanya kita ingin menikmati lezatnya menu tersebut, namun merasa terlalu boros bila harus selalu membelinya ke rumah makan padang. Maka dari itu, coba masak sendiri di rumah, yuk.

Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah banget, lho. Simak resep gulai kepala kakap ala rumah makan padang berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan Lezatkepala kakap merah (Instagram.com/syarikattuahbersaudara)

Bahan-bahan:

  • 2 buah kepala ikan kakap (boleh dibelah dua)
  • 1,5 liter santan dari dua kelapa
  • 8 butir cabai rawit hijau/merah (sesuai selera)
  • 5 butir cabai hijau/merah keriting (sesuai selera)
  • 1 ruas ibu jari jahe 
  • 1 ruas ibu jari lengkuas
  • 1 ruas ibu jari kunyit
  • 5 sing bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 ikat kecil daun ruku-ruku/kemangi
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

2. Haluskan bumbu dan bersihkan kepala ikan

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan LezatCobek atau Ulekan bumbu (Instagram.com/lucybachsin1)

Siapkan ulekan, lalu letakkan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, cabai rawit, cabai keriting, dan serai. Haluskan semua bumbu tersebut hingga lembut. Kamu bisa juga menggunakan food processor atau blender, lho.

Setelah itu, cuci bersih kepala ikan kakap dengan air mengalir. Kemudian, berikan garam dan jeruk nipis agar bau amisnya berkurang. Aduk sesekali hingga merata.

3. Campurkan bahan-bahan ke dalam wajan

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan LezatGulai kepala ikan kakap (Instagram.com/rubbynu12)

Siapkah wajan, lalu masukkan bumbu halus,  garam, daun kunyit, dan serai. Kemudian, tambahkan santan, aduk hingga bumbu tercampur rata tanpa membuat santannya pecah.

Masak gulai dengan api sedang sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Kemudian, masukkan kepala ikan kakap saat kuah sudah mulai mendidih. Jangan lupa balik kepala ikan kakapnya supaya matang di kedua sisinya, ya.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Minangkabau yang Jarang Ada di Rumah Makan Padang 

4. Tunggu kuah mengental, lalu angkat dan sajikan

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan LezatGulai kepala ikan kakap merah (Instagram.com/makanmana)

Masak hingga kuah gulainya menyusut dan mengental. Jika sudah, tambahkan jeruk nipis, penyedap rasa, dan daun kemangi. Masak kembali hingga mendidih dan daun kemanginya layu.

Setelah mendidih, lupa koreksi rasanya. Jika sudah, segera angkat dan sajikan gulai kepala kakap dengan lauk pendamping kesukaanmu.

5. Rekomendasi sayuran pelengkap untuk gulai kepala kakap

Resep Gulai Kepala Kakap ala Rumah Makan Padang, Simpel dan LezatSayuran (unsplash.com /Dan Gold)

Beragam jenis sayuran bisa kamu tambahkan ke dalam gulai kepala kakap. Tambahan seperti belimbing wuluh, daun singkong, kacang panjang, kacang buncis, dan terung bisa kamu coba.

Selain itu, bisa pula dengan sayuran hijau. Mulai dari pakis, sawi, dan pokcoy. Dijamin rasa gulai kepala kakap kian sedap, deh.

Gimana, gampang banget, kan? Resep gulai kepala ikan kakap ala rumah makan Padang di atas bisa kamu terapkan untuk dijadikan menu makan bareng keluarga. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Masakan Minang Berbahan Jeroan, Pernah Coba Gulai Banak?

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis. Alumni Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Unpam)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya