Comscore Tracker

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segar

Bikin tahu selalu awet meskipun sudah berhari-hari! 

Tahu merupakan olahan dari kacang kedelai yang mengandung protein nabati serta mineral lain yang berguna untuk tubuh. Memiliki harga yang terjangkau dan mudah dikreasikan dalam berbagai olahan, menjadikan tahu sebagai salah satu bahan masakan andalan masyarakat Indonesia.

Namun, perlu diketahui bahwa cara menyimpan bahan yang satu ini bisa dibilang tak boleh sembarangan. Jika salah dalam penyimpanan, biasanya tahu akan mudah busuk dan berbau asam. Biar gak salah lagi, yuk simak cara penyimpanan tahu yang benar pada ulasan berikut ini.

1. Segera cuci dan ganti air rendaman tahu yang kamu beli 

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segarfreepik/aleksandran

Saat kamu membeli tahu, biasanya bahan ini dikemas dalam kantong atau kemasan yang berisi air. Agar tahu bisa lebih awet, pastikan kamu mencuci bersih tahu yang baru kamu beli dengan air mengalir dan mengganti air rendaman bawaannya.

Selain agar lebih awet, mencuci bersih tahu dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan tahu berbau asam.

2. Rendam tahu dengan air, usahakan gunakan air yang matang

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segar`freepik/topntp26

Penggunaan air matang dalam air rendaman tahu dapat membantu meminimalisir jumlah bakteri yang menempel pada permukaan tahu. Namun, harus digarisbawahi jumlah air matang yang digunakan harus benar-benar merendam seluruh bagian tahu. Hal tersebut dilakukan demi menghentikan fermentasi yang terjadi pada bahan yang satu ini.

Baca Juga: Resep Salad Tahu ala Yummy, Camilan Enak, Sehat, dan Gak Bikin Gemuk!

3. Merebus tahu dengan garam sebelum disimpan juga bisa jadi pilihan

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segarseriouseats.com

Seperti yang sudah diketahui, garam dikenal sebagai bahan pengawet alami sekaligus pembunuh bakteri. Merebus tahu dengan garam merupakan langkah efektif untuk membuat tahu jauh lebih awet. Lama waktu perebusan tahu pun terbilang cukup singkat, hanya perlu 3-4 menit kemudian tiriskan.

4. Jika tahu direbus atau dikukus, pastikan kamu menyimpan tahu di wadah kedap udara 

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segarcooksillustrated.com

Jika kamu memilih untuk merebus atau mengukus tahu sebagai langkah pengawetan, kamu tak perlu lagi merendamnya di dalam air. Langkah yang perlu kamu lakukan selanjutnya yaitu menyediakan sebuah wadah yang kedap udara. Pastikan jika air dan uap tahu sudah hilang sebelum kamu menyimpannya di dalam wadah tersebut.

5. Agar lebih awet dan tanpa bau asam, kamu bisa menyimpan tahu di dalam freezer 

Sering Berbau Asam, Ini 5 Tips Menyimpan Tahu Agar Tetap Segarfreepik/dmytrenko-fsk

Menyimpan tahu di kulkas dapat mengawetkan bahan ini selama seminggu lebih. Namun, jika kamu menyimpannya di dalam freezer biasanya akan membuat tahu awet hingga satu bulan lamanya. Dengan catatan kamu harus merebus tahu terlebih dahulu, meniriskan dengan kain bersih, dan meletakkannya di wadah kedap udara sebelum akhirnya memasukkannya ke dalam freezer.

Nah, itulah 5 tips menyimpan tahu agar lebih awet dan tidak berbau asam. Perhatikan baik-baik ya sebelum diterapkan karena ada beberapa tips yang saling berhubungan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Sama

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya