Comscore Tracker

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!

Memang karena pekerjaanmu yang tak kunjung usai, tapi...

Kamu pasti pernah tidur di kursi, entah itu di sekolah atau di kantor, entah itu sekali atau dua kali. Pernahkah kamu merasa badanmu malahan tidak enak semua?

Itu mengindikasi jika tidur di kursi memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Sesekali tidak apa. Berkali-kali, bersiaplah pergi ke dokter. Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa kamu dapatkan dengan tidur di kursi.

1. Sakit di punggung dan kaki

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!netdoctor.co.uk

Pada dasarnya tubuh kita didesain untuk bergerak. Walaupun tampaknya santai, tapi sebenarnya tubuhmu membutuhkan darah dan mensirkulasikannya ke otot. Senyaman apapun kursimu, kamu akan tetap sakit punggung dan kaki.

2. Kehilangan keseimbangan

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!tahitidance.com

Sue Noethen, LPTA, dari Concept Rehab mengatakan tidur terus menerus di kursi memberikan kontraktur lutut dan pinggul. Ini menyebabkan adanya otot yang merapat dengan persendian hingga membatasi postur dan berdiri. Ini nantinya membatasi pergerakan dan membuatmu tidak seimbang.

3. Sirkulasi darah yang jelek

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!inabottle.it

Tidak ada pergerakan pada tubuh berarti mengurangi sirkulasi darah. Ini menyebabkan berbagai komplikasi. Selain itu penyempitan pembuluh darah membuat jalur darah ke jantung dibatasi, membuat kita mudah mudah capek dan pegal.

Baca Juga: Tidur di Lantai, Baik atau Buruk? Ini Manfaat dan Risiko Kesehatannya

4. Tidur dangkal

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!autonomous.ai

Tidur di tempat kecil menyebabkan tidur dangkal. Kamu tidak akan pernah menuju siklus tidur yang dalam dan mendapatkan kualitas tidur yang jelek. Tanpa kualitas tidur yang baik, kamu akan merasa capek dan pegal ketika bangun.

5. Mudah marah

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!speakily.com

Rasa capek yang disebabkan poin-poin sebelumnya secara langsung pasti akan membuatmu memiliki mood yang jelek. Lakukan itu terus menerus dan kamu akan merubah sifatmu. Batasi saja menjadi satu atau dua jam.

6. Kaki bengkak

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!health.clevelandclinic.org

Tidur di kursi, khususnya kursi malas, menyebabkan kaki bengkak akibat otot yang tidak aktif terlalu lama. Darah di area kaki terhambat sirkulasinya dan pada akhirnya terkumpul di area kaki tersebut.

7. Sakit leher

7 Bahaya Tidur di Kursi dari Sisi Kesehatan, Hard Worker Baca Ini deh!medicalnewstoday.com

Saat kita tidur umumnya leher kita akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke sebuah sisi. Itu akan mengakibatkan sakit leher. Kondisi ini terjadi jika kamu tidur dengan posisi duduk tegak. Karena itu diperlukan bantal atau bantalan leher untuk mengatasi masalah ini.

Usahakan untuk selalu tidur di kasur atau minimal matras. Kalaupun terpaksa harus tidur di kursi, maka persiapkan benda yang membantu tidurmu seperti bantalan leher. Percayalah, tidur di kursi tidak akan bisa memberikanmu sensasi tidur di kasur. Malahan itu hanya akan membuatmu lelah.

Baca Juga: Mulut Selalu Kering Saat Bangun Tidur? 9 Faktor Ini Penyebabnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya