Comscore Tracker

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!

Supaya tidurmu benar-benar berkualitas untuk tubuhmu

Sebagai manusia biasa kamu membutuhkan istirahat setelah aktif beraktivitas seharian, yang mana malam hari adalah waktu istirahat terbaik dengan menidurkan diri. Tapi kalau bicara soal tidur, banyak orang nyatanya mengalami gangguan tidur yang membuatnya jadi tidak bisa istirahat dengan baik. 

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara mudah meningkatkan kualitas tidurmu. Mulai dari membuat batasan jam kerja, merilekskan pikiran, dan lain-lainnya dapat disimak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Buat pikiranmu rileks saat sudah di tempat tidur

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!ilustrasi santai (pexels.com/George Pak)

Meningkatkan kualitas tidur sebenarnya tidak sulit, yang mana salah satu cara mudah melakukannya ialah dengan membuat pikiranmu rileks saat sudah di tempat tidur. Entah itu dengan mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca dan menonton hal yang kamu suka.

Jadi kalau kamu punya pekerjaan pastikan kamu sudah menyelesaikannya lebih dulu sebelum tidur, dan jangan pikirin jadi tentang pekerjaan atau apapun itu. Supaya kamu bisa beristirahat dan tertidur dengan pikiran yang ringan. 

2. Buat batasan jam kerja ketika lembur

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!ilustrasi kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Lembur adalah hal yang biasa terjadi saat kita bekerja, tapi kalaupun kamu lembur dan membawa pekerjaan ke rumah pastikan kamu membuat batasan jam kerja, ya. Misalnya kamu harus sudah berhenti bekerja saat sudah mendekati tengah malam.

Menerapkan aturan seperti ini untuk diri sendiri cukup efektif untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Yang mana waktu tidurmu jadi mencukupi karena tidak dipaksakan bekerja sepanjang malam. 

Baca Juga: Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salah

3. Pastikan kamu tidur tidak dalam kondisi lapar dan haus

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau ingin kualitas tidurmu meningkat maka pastikan kamu tidak tidur dalam kondisi lapar dan haus. Tidur saat kekenyangan juga gak bagus, tapi paling tidak kamu sudah makan dan minum sebelum tidur di malam hari.

Karena sebenarnya yang bikin kita sulit tidur dan kurang nyaman saat tidur itu kalau kitanya lapar tapi ditahan-tahan, entah karena malas makan atau sedang diet. Jadi pastikan kebutuhan makanmy terpenuhi supaya bisa tidur dengan nyenyak, ya. 

4. Jika terbangun tengah malam maka lanjut pejamkan mata sampai tertidur lagi

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!ilustrasi tidur (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu tipe orang yang sering terbangun tengah malam, maka cobalah untuk tetap pejamkan mata sampai tertidur lagi. Ini adalah cara mudah untuk membuat tidurmu tetap terjaga walaupun sering terbangun di jam-jam tertentu.

Usahakan untuk tidak main gadget atau bahkan melakuka kegiatan yang membuatmu jadi kehilangan ngantuk. Karena yang memegang kendali dan bisa membuat dirimu tidur, ya, dengan usahamu sendiri. 

5. Jadikan olahraga ringan sebagai rutinitas

5 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Tidurmu, Auto Nyenyak Sampai Pagi!ilustrasi olahraga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Terakhir, cara mudah untuk meningkatkan kualitas tidurmu ialah dengan menjadikan olahraga sebagai rutinitas. Gak perlu olahraga berat yang menguras tenaga, sebatas senam atau lari pagi juga sudah cukup.

Kenapa hal ini berpengaruh? Karena kualitas tidurmu akan otomatis terjaga dan meningkat kalau tubuhmu fit. Yang mana kamu menggunakan tenaga dan energi dengan baik, sehingga saat tidur kamu jadi mengisi kembali energi itu.

Kalau kamu memiliki masalah tidur dan ingin meningkatkan kualitas tidurmu, maka cobalah lima cara mudah tadi. Gak sulit dilakukan karena hanya butuh komitmen diri saja. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Jam Tidur, Tidurmu Sudah Cukup atau Belum?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya