Comscore Tracker

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmu

Mulai dari jerawat, komedo, hingga kerutan

Siapa yang belum pernah dengar dahsyatnya madu manuka? Madu yang secara ekslusif diproduksi di Selandia Baru ini digadang-gadang lebih sehat ketimbang madu biasa. Mungkin, inilah salah satu hal yang membuat harganya relatif mahal.

Untuk kecantikan, manfaat yang ditawarkan madu manuka juga beragam. Bahkan, sejumlah produk perawatan dan kecantikan kulit seperti masker, serum, dan produk lainnya kerap menggunakan madu ini sebagai bahan dasarnya.

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, berikut ini adalah manfaat-manfaat madu manuka.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmuunsplash.com/Alexander Mils

Sudah sejak lama madu dimanfaatkan untuk mengobati luka, luka bakar, hingga bisul. Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui penggunaan madu manuka untuk menangani luka terbuka.

Madu manuka memiliki khasiat antibakteri dan antioksidan, sekaligus melindungi area luka yang lembap. Berbagai studi, seperti dalam jurnal "Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products" tahun 2013 dan jurnal "Current Drug Metabolism" tahun 2017, menunjukkan bahwa madu ini dapat meningkatkan penyembuhan luka, mempercepat regenerasi jaringan, bahkan meredakan nyeri pada pasien dengan luka bakar.

Bukti lainnya, ada studi yang meneliti efek mengoleskan madu manuka pada 40 orang dengan luka yang tak bisa sembuh (non-healing wound). Hasilnya, 88 persen ukuran luka mengecil. Selain itu, madu menciptakan keasaman di sekitar luka, yang mana itu membantu penyembuhan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal "Revue de Chirurgie Orthopédique et Réparatrice de l'Aappareil Moteur" tahun 1993.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmupexels.com/Shiny Diamond

Dilansir dari laman Women's Health, madu manuka disebut-sebut dapat membantu mengangkat sel-sel kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang dapat menyebabkan blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo putih).

Dengan khasiatnya itu, kulit kamu akan terlihat lebih mulus!

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!

3. Mencegah dan menyingkirkan jerawat

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmupixabay.com/Kjerstin_Michaela

Aktivitas antimikroba pada madu manuka ketika dikombinasikan dengan produk yang mengandung pH rendah dapat membantu memerangi jerawat. Madu dapat membuat wajahmu bebas bakteri, sehingga mempercepat penyembuhan jerawat.

Selain itu, kandungan antiinflamasi dalam madu manuka dipercaya dapat menurunkan peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

Walaupun penelitian tentang kegunaan madu manuka untuk melawan jerawat tidak banyak, tapi ada studi yang meneliti efek madu kanuka yang mengandung properti antibakteri mirip madu manuka. Studi yang diterbitkan dalam jurnal "BMJ Open" tahun 2016 itu menemukan bahwa madu kanuka sama efektifnya dengan sabun antibakteri dalam mengatasi jerawat.

4. Melawan penuaan dini

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmuunsplash.com/Jernej Graj

Kandungan antioksidan dalam madu manuka dikatakan dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, yang mana ini bisa menimbulkan kerutan di wajah.

Tak hanya itu, dalam jurnal "Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine" tahun 2013, ditemukan bahwa madu manuka mampu menekan enzim yang dapat menghancurkan kolagen yang terdapat di kulit.

Sebagai informasi, peran kolagen sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan elastis.

5. Selamat tinggal kulit kering!

Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmupexels.com/Jenna Hamra

Dilansir dari laman Mind Body Green, kamu juga bisa memanfaatkan madu manuka untuk melembapkan kulit. 

Kelcie Harris, N.D., ahli naturopati yang tersertifikasi asal Amerika Serikat mengatakan bahwa madu manuka punya fungsi sebagai humektan, yang artinya madu ini punya keampuhan dalam menangkap dan mempertahankan kelembapan lingkungan di sekitarnya. Inilah yang menjadikan madu manuka lebih efektif ketimbang pelembap lainnya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba madu manuka? Kamu bisa membuatnya sebagai campuran masker, pembersih wajah, bahkan bisa juga untuk hair mask.

Pastikan untuk membeli produk yang asli ya, karena di pasaran ternyata banyak yang menjual madu manuka palsu. Saat pemakaian, perhatikan juga kulitmu. Bila ada reaksi alergi, misalnya timbul kemerahan dan gatal-gatal, segera hentikan penggunaan.

Baca Juga: Ajaib, Ini 9 Manfaat Madu untuk Tubuh Kamu

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya