Comscore Tracker

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetes

Manisnya bikin sehat!

Siapa yang tidak suka dengan buah kelengkeng? Buah bernama ilmiah Dimocarpus longan ini memiliki rasa manis yang khas dan penampilan dalam yang mirip seperti lici. Tak heran, kelengkeng menjadi bahan utama untuk hidangan pencuci mulut seperti es buah, koktail, hingga puding.

Walau asli dari Asia, tetapi cita rasanya sudah mendunia. Manisnya kelengkeng juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi sehat. Dalam 100 gram, kelengkeng mengandung:

  • 1,31 gram protein
  • 60 kkal energi
  • 82,75 gram air
  • 0,1 gram lemak
  • 15,14 gram karbohidrat
  • 1,1 gram serat
  • 1 miligram kalsium
  • 0,13 miligram zat besi
  • 10 miligram magnesium
  • 21 miligram fosfor
  • 266 miligram kalium
  • 0,05 miligram zink
  • 0,169 miligram tembaga
  • 0,052 miligram mangan
  • 84 miligram vitamin C
  • 0,031 miligram tiamina
  • 0,14 miligram riboflavin
  • 0,3 miligram niasin

Makanan dan minuman yang manis memang sebaiknya dibatasi untuk pasien diabetes. Akan tetapi, tidak dengan kelengkeng. Buah ini ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tersembunyi untuk penyakit kencing manis tersebut. Apa saja?

Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk penderita diabetes:

1. Menyimpan khasiat penangkal diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (healthline.com)

Kelengkeng diketahui memiliki komponen asam fenolat yang menunjukkan kinerja antioksidan yang berpotensi antiperadangan antiperadangan, sehingga cocok untuk menangani diabetes.

Karena memiliki khasiat antioksidan, kelengkeng dapat pengurangi stres oksidatif pada pankreas karena radikal bebas. Selain itu, khasiat antiinflamasi dan antioksidan dalam kelengkeng dapat meningkatkan produksi insulin.

2. Mencegah katarak akibat diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteslengkeng (draxe.com)

Bukan rahasia kalau diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, salah satunya adalah katarak. Kelengkeng ternyata punya andil dalam mencegahnya.

Ini karena kelengkeng memiliki empat senyawa menguntungkan, yaitu asam dihydroxybenzoic, D-mannitol, 39,59-di-O-beta-glukopiranosida, dan 39-O-beta-glukopiranosida. Senyawa-senyawa dari kelengkeng tersebut dapat membantu menghambat glukosa, sehingga mencegah potensi katarak akibat diabetes.

Baca Juga: 7 Kandungan Buah Kurma yang Baik untuk Kesehatanmu, Kaya akan Manfaat

3. Mencegah komplikasi saraf akibat diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (pixabay.com/Suanpa)

Bukan cuma katarak, diabetes juga bisa menimbulkan berbagai kondisi neurologis. Ini karena tingginya kadar glukosa atau hiperglikemia dalam jangka panjang dapat melemahkan dinding saraf dan menghalangi peredaran oksigen serta nutrisi ke saraf, sehingga menyebabkan neuropati.

Tidak perlu khawatir, kelengkeng bisa menjadi salah satu buah yang bisa diandalkan. Ini karena kelengkeng memiliki efek pelindung saraf, sehingga bisa membantu mencegah cedera saraf atau perkembangannya.

4. Mencegah perkembangan penyakit Alzheimer akibat diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (luonggiacompany.com)

Penyakit Alzheimer dan demensia adalah kondisi neurodegeneratif lain yang dapat diakibatkan oleh diabetes. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan kognitif pada pasien diabetes. Nah, kelengkeng memiliki senyawa saponon untuk memangkas glukosa pada pasien Alzheimer.

Sama seperti mencegah komplikasi saraf sebelumnya, kelengkeng memiliki efek protektif pada saraf, sehingga meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat meningkatkan kekebalan dan memperlambat potensi penyakit-penyakit neurodegeneratif tersebut.

5. Mencegah kerusakan pankreas

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (savoryexperiments.com)

Seperti yang disinggung sebelumnya, kelengkeng diketahui memiliki antioksidan yang bisa mencegah stres oksidatif pada pankreas, organ tubuh yang amat vital dalam mencegah diabetes. Dua senyawa yang penting untuk fungsi ini adalah oligonol dan polifenol yang terdapat dalam kulit kelengkeng.

Sementara polifenol dapat melindungi pankreas dari kerusakan dan inflamasi akibat stres oksidatif sebagai dampak radikal bebas, oligonol memiliki khasiat antioksidan dan antiinflamasi. Dengan kata lain, oligonol dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetespohon kelengkeng (producereport.com)

Bukan rahasia, hiperglikemia adalah "dalang" dari terganggunya sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan patogen pada penderita diabetes begitu tinggi. Kelengkeng memiliki beberapa senyawa bioaktif yang akan meningkatkan produksi makrofag. Makrofag tersebut dapat menekan hiperglikemia, sehingga menghancurkan patogen dan meningkatkan kekebalan pada pasien diabetes.

Baca Juga: Yuk, Makan 10 Buah Paling Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Ini!

7. Memiliki fungsi hepatoprotektif

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng atau longan (pixy.org)

Selain pankreas, hati juga dapat terlindungi dari bahaya diabetes dengan kelengkeng. Hati bertugas menyimpan glukosa yang telah diubah menjadi glikogen sebagai cadangan.

Lagi-lagi, senyawa yang berperan besar adalah senyawa antioksidan oligonol! Senyawa ini menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih di lever pasien diabetes. Selain itu, oligonol juga mencegah stres oksidatif dan inflamasi pada lever.

8. Rendahnya indeks glikemik

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (insideindonesia.org)

Fakta menarik lainnya, kelengkeng memiliki indeks glikemik 57 dan beban glikemik 9 per 100 gram. Apa maksudnya?

Saat dikonsumsi, kelengkeng tidak langsung mendongkrak gula darah hingga menyebabkan hiperglikemia. Pelepasan glukosa secara perlahan dan mantap memantapkan posisi kelengkeng sebagai salah satu buah terbaik untuk diabetes.

9. Serat dalam kelengkeng untuk kontrol diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (inthekitchenwithmatt.com)

Bukan hanya untuk pencernaan, serat pada kelengkeng memiliki peran esensial terhadap diabetes. Selain itu, lengkeng tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh.

Kelengkeng juga mengemas sejumlah nutrisi esensial seperti magnesium, folat, dan vitamin B kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut terkenal untuk mencegah penumpukan zat radikal bebas dan stres oksidatif. Alhasil, kinerja organ lancar, dan produksi insulin tetap terjaga.

10. Mencegah komplikasi jantung akibat diabetes

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabeteskelengkeng (delightfulplate.com)

Selain mineral esensial yang disebutkan sebelumnya, kelengkeng memiliki kandungan vitamin C. Apa perannya? Mineral-mineral esensial dan vitamin C dikatakan dapat membantu menjaga kadar gula dan tekanan darah. Hal ini penting untuk mencegah komplikasi diabetes pada sistem kardiovaskular.

Seperti yang kita tahu, penyakit kardiovaskular seperti strok hingga hipertensi dapat dipicu oleh diabetes. Nah, konsumsi kelengkeng bisa membantu mencegah komplikasi kardiovaskular akibat diabetes.

PERINGATAN: kelengkeng tetap tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak

10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetesilustrasi diabetes (pixabay.com/Tumisu)

Memang dari berbagai manfaat buah kelengkeng di atas bikin orang yang punya diabetes ingin buru-buru mengonsumsi dan memperbanyak konsumsinya. Meski berpotensi sehat dan indeks glikemiknya tergolong rendah, kelengkeng memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan seratnya relatif rendah. Hal ini justru dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Karena kadar karbohidrat kelengkeng lebih dari 15 gram, beberapa ahli tidak menyarankan konsumsi kelengkeng berlebihan untuk pasien diabetes. Tetap konsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan, ya.

Baca Juga: Dari Pencernaan hingga Imun, Rasakan 7 Manfaat Sehat Minum Jus Nanas

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya