Comscore Tracker

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan Tubuh

Mengasyikkan dan menyehatkan badan!

Semasa sekolah dulu, apa pelajaran yang kamu tunggu-tunggu? Mungkin kamu akan menjawab pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, atau "penjaskes". Selain menggerakkan badan, kamu bisa bersantai dan bermain olahraga aktif dengan teman-teman.

Dari olahraga populer seperti voli, futsal, badminton, atau basket, beberapa dari kita pasti pernah bermain kasti atau gebokan. Dimainkan di Britania Raya sejak masa Zaman Tudor di Inggris (1485-1603), olahraga bernama rounders ini amat populer di kalangan 7 juta anak sekolah Inggris dan Irlandia, per 2015.

Mengingatkanmu pada bisbol, peraturan kasti simpel dan permainannya pun menegangkan sekaligus menyenangkan (selama dimainkan sesuai peraturan). Layaknya olahraga aktif lain, kasti pun punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat kesehatan dasar dari permainan kasti. Jadi pengin main!

1. Latihan interval dan aerobik yang baik

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan Tubuholahraga kasti atau rounders (telegraph.co.uk)

Dilansir Vital Health and Wellbeing, kasti adalah bentuk olahraga aerobik dan latihan interval yang baik untuk tubuh. Selain melempar, memukul, dan mengejar serta menangkap bola, pemain diharuskan banyak berlari sejauh mana bola kasti (biasa bola tenis) terpukul atau saat merebut base.

Gerakan-gerakan aktif yang diproduksi oleh pemain selama kasti dijamin akan membuat jantung terpompa. Tentu saja, keadaan ini dapat meningkatkan kebugaran dan stamina. Jantung yang terpacu juga membuatmu terhindar dari penyakit jantung di kemudian hari. 

2. Mengencangkan otot

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan Tubuhbermain kasti (cranleigh.org)

Selain meningkatkan kebugaran hingga mencegah penyakit jantung, kasti juga bagus untuk mengencangkan otot di seluruh tubuh, terutama tubuh bagian bawah. Selain itu, menurut Rounders England, kasti juga dapat membakar hingga 400 kalori!

Gerakan-gerakan tajam nan spontan yang tercipta selama permainan kasti dapat melatih otot di kaki hingga bokong. Tidak ketinggalan, gerakan melempar bola dan mengayunkan tongkat pemukul kasti juga melatih otot tubuh bagian atas, seperti otot inti atau core dan otot lengan.

Baca Juga: 7 Olahraga Khas Indonesia yang Menyehatkan, Dicoba Dong!

3. Melatih koordinasi tubuh

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan Tubuhbermain kasti (pinterest.co.uk)

Selanjutnya, kasti juga merupakan latihan yang baik untuk koordinasi tubuh. Pemain juga diharuskan untuk membuat gerakan dan keputusan yang tepat untuk memenangkan permainan.

Koordinasi mata dan tangan dilatih saat pemain melempar bola untuk membuat lawan strike hingga tiga kali atau saat pemain menangkap arah lemparan bola untuk dipukul. Umum dimainkan outdoor, kasti melatih ketangkasan otak dan reaksi tubuh karena selain bermain, kamu juga harus mengatur taktik.

4. Mengajarkan individu nilai komunikasi dan teamwork

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan Tubuhbermain kasti (pinterest.ie)

Rounders England menyarankan kasti sebagai olahraga yang menyenangkan dan cocok untuk segala usia. Dengan dua tim yang berisikan 9 orang, kasti adalah olahraga yang kompetitif sekaligus mempererat persahabatan, hal yang baik untuk kesehatan mental. Asal, jangan saling incar, ya!

Betul, layaknya futsal atau basket, kasti adalah olahraga tim. Semua ikut berperan dan tak ada yang namanya lone wolf. Secara khusus, olahraga tim seperti kasti dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, leadership, teamwork, dan decision making.

5. Tidak memberikan beban stres pada para pemain

Nostalgia, 5 Manfaat Bermain Kasti untuk Kesehatan TubuhPara siswi semakin antusias setelah menang bermain kasti (cranleigh.org)

Dibandingkan dengan olahraga seperti badminton atau tenis, mungkin kasti kalah menegangkan. Akan tetapi, di situlah keuntungannya, kamu bermain tanpa beban "harus menang". Play for fun, jadi tidak perlu ada perselisihan dan semuanya keluar sebagai pemenang.

Sudah mumet dengan beratnya pelajaran di kelas? Tentu kamu ingin cepat-cepat mata pelajaran penjaskes. Nah, kasti dapat menghilangkan stresmu dengan aktifnya alur permainan dan situasi informal. Kamu dan teman-teman jadi lebih santai dan tubuh jadi lebih aktif serta bugar.

Sudah selesai bernostalgia? Itulah beberapa manfaat kesehatan yang diberikan kasti secara jasmani dan rohani. Kalau kamu bosan berolahraga yang itu-itu saja, coba main kasti dengan teman-temanmu. Dijamin, bukan hanya mempererat persahabatan, kasti membuat tubuh jadi aktif serta kamu jadi lebih sehat secara jasmani dan rohani!

Baca Juga: Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salah

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya