Comscore Tracker

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat Herbal

Gak hanya dipakai sebagai bumbu #IDNTimesHealth

Banyak sekali bumbu dapur yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan, loh. Tanaman tersebut bisa digunakan untuk obat herbal berbagai penyakit, misalnya, untuk mengobati penyakit jantung. 

Berikut ini adalah berbagai tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur namun berkhasiat sebagai obat. Simak, ya!

1. Bawang putih

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Bagi penderita jantung, mengonsumsi bawang putih memiliki banyak efek positif. Untuk yang tidak memiliki penyakit jantung pun bawang putih dikenal ampuh untuk menjaga kesehatan organ kita tersebut.

Bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit asma dan lepra. Bawang putih sangat umum dipakai sebagai penyedap masakan di dapur. 

2. Bawang merah

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Sama seperti halnya bawang putih, bawang merah juga dapat berfungsi sebagai antibiotik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi sistem saraf, serta melawan pertumbuhan tumor dan berfungsi sebagai anti kanker. 

Bawang merah hampir tidak pernah absen di segala jenis masakan. Sehingga, kita bisa mendapatkan manfaat bawang merah dengan mudah.

Baca Juga: 5 Fungsi Utama dari Garam, Bumbu Wajib yang Harus Ada di Dapur

3. Jahe

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Jahe mengandung banyak nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jahe mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta mengurangi penyerapan kolesterol pada hati dan darah.

Khasiat tersebut membuat jahe sangat baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung. Jahe juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal yang dapat menyembuhkan radang pada sendi. 

4. Bawang bombai

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Bawang bombai sangat baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung, karena bawang bombai mampu menekan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, bawang bombai juga mampu memperbaiki dan memperlancar kembali aliran darah.

Selain itu, bawang bombai juga bisa mencegah pembuluh darah mengalami penyempitan, mencegah osteoporosis, dan mencegah berkembangnya sel kanker. Ada cukup banyak jenis masakan yang memanfaatkan bawang bombai sebagai salah satu resepnya. 

5. Lada hitam

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Lada hitam mengandung banyak sekali vitamin dan mineral serta kandungan kimia alami. Bahan-bahan yang terkandung didalamnya membuat Lada hitam menjadi semakin baik untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi lada hitam misalnya, sakit kepala, nyeri sendi akibat rematik, mengatasi perut kembung, meringankan gejala penyakit asma serta melancarkan menstruasi. Selain itu, Lada hitam juga dapat menjadi obat herbal untuk penyakit jantung koroner dan diabetes. 

Baca Juga: 9 Ragam Bumbu Rempah yang Wajib ada di Dapur, Apa Saja?

6. Daun salam

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Daun salam sangat baik dan berkhasiat mengatasi gangguan lambung, penurun tekanan darah tinggi, sebagai obat maag, serta menjaga kadar gula dalam darah.

Daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes, menyembuhkan diare, dan gatal-gatal. Daun salam biasanya dimanfaatkan untuk memberikan tambahan aroma pada masakan. 

7. Kunyit

Ternyata, 7 Bumbu Dapur Ini juga Berkhasiat sebagai Obat HerbalPexels

Kunyit memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan terutama untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Seperti misalnya, diare, perut mulas akibat masuk angin, atau sakit perut lainnya. 

Kunyit juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi gangguan jantung. Selain untuk penyedap masakan, kunyit juga banyak dinikmati dengan cara diminum sarinya.

Baca Juga: 9 Rempah-rempah yang Mampu Usir Inflamasi dari Tubuh

Andi singka Rahmadana Photo Writer Andi singka Rahmadana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya