Comscore Tracker

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Ini

Apa saja sih gerakannya?

Olahraga sederhana ternyata dapat dilakukan dengan tujuan melawan penuaan dini. Bebarapa olahraga sederhana ini dapat dilakukan di rumah, dan jika memungkinkan kamu bisa mengikuti kelas yang didampingi oleh instruktur berpengalaman.

Jurnal kesehatan Medical News Today menuliskan bahwa berdasarkan penelitian, seorang lansia yang rutin melakukan olahraga ringan akan memiliki kualitas jantung dan paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukan olahraga.

Nah, kalau kamu ingin hidup sehat dan terlihat awet muda, kamu bisa melakukan olahraga sederhana di bawah ini secara rutin. Disimak, ya!

1. Olahraga atau latihan treadmill

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Inipopsugar.com

Laman bicycling.com menuliskan bahwa rutin melakukan olahraga ringan dengan treadmill akan membuatmu awet muda. Setidaknya, dengan tubuh yang sehat dan semua organ tubuh yang dapat bekerja dengan baik, kamu akan terlihat lebih segar dan bugar jika dibandingkan dengan usiamu.

Tidak harus memiliki alat treadmill, kamu juga bisa kok berlari ringan pada saat kamu libur atau memiliki banyak waktu luang. Beberapa studi kesehatan juga menghasilkan kesimpulan bahwa seorang yang aktif olahraga ringan akan meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga tekanan darah untuk tetap normal.

 

2. Bersepeda

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Iniclevelandclinic.org

Selain lari atau treadmill, bersepeda juga bagus untuk membuatmu awet muda. Melansir health.com, bersepeda merupakan olahraga ringan yang akan membuat seseorang menjadi lebih awet muda.

Dengan aktif bersepeda, maka penuaan dini dapat diperlambat, setidaknya pada tingkatan sel. Tentu saja ini juga harus melihat faktor-faktor lainnya seperti adanya kelainan genetik atau tidak. Jadi bersepeda hanya salah satu kegiatan ringan yang dapat membantu sel-sel tubuhmu lebih aktif dan tidak mengalami penuaan secara cepat.

Baca Juga: Gak Hanya Sehat, 6 Jenis Olahraga Ini Bisa Memberimu Pelajaran Hidup

3. Renang

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Inimoultrienews.com

Kalau kamu hobi dengan olahraga yang satu ini, maka kamu telah membuat sel-sel dalam tubuhmu lebih muda dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berenang. Laman everythingzoomer.com menuliskan bahwa berenang secara rutin dapat memperlambat penuaan dini.

Studi yang dilakukan oleh Indiana University menyimpulkan bahwa berenang sepanjang 3-4 kilometer dan dilakukan rutin 3 kali seminggu dapat membantumu menunda proses penuaan dini. Ini disebabkan karena tekanan darah, massa otot, dan fungsi paru-paru bisa bermetabolisme dengan jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berenang.

4. Yoga

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Inislate.com

Seperti dilansir dalam laman theyogastudiosouthlake.com, latihan dan praktek yoga dapat membuat wajahmu terlihat lebih muda dan segar. 

Masih dari laman yang sama, yoga yang rutin dilakukan dapat membuat hormon dalam tubuh seimbang, dan menjaga kekuatan tulang untuk tetap dapat sempurna menyangga beban tubuh.

5. Latihan jongkok-berdiri

Mau Awet Muda? Kamu Bisa Melakukan 5 Olahraga Sederhana Iniself.com

Latihan atau olahraga ringan ini bisa kamu lakukan di rumah atau dimanapun yang memungkinkan. Caranya sederhana yakni dengan pelan-pelan menjongkokkan tubuhmu, lalu berdiri kembali. Lakukan latihan ini berulang kali secara rutin.

Melansir laman huffpost.com, latihan jongkok berdiri ini bisa dilakukan secara rutin, namun harus memperhatikan kemampuan lutut kamu. Jika kamu pernah mengalami cedera sebelumnya, kamu wajib berkonsultasi pada ahli kebugaran yang kamu percaya.

Itulah lima olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan agar kamu terlihat awet muda. Semoga kamu tetap terus dalam keadaan sehat dan bugar, ya!

Baca Juga: 5 Olahraga yang Terbukti Ampuh Atasi Gejala Depresi, yuk Rutinkan!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya