Comscore Tracker

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuh

Kalau dibiarkan bisa menggangu aktivitas sehari-hari guys

Sistem metabolisme tubuh merupakan suatu proses yang dilakukan tubuh untuk mengolah makanan menjadi energi untuk menyokong kegiatan sehari-hari. Sistem metabolisme yang terganggu bisa menyebabkan beberapa masalah serius, seperti diabetes. Energi yang tidak diolah secara benar juga dapat menyebabkan perasaan lelah dan lemas sehingga berakibat fatal pada produktivitas seseorang. 

Pentingnya sistem metabolisme tubuh terhadap kehidupan sehari-hari membuat kita harus peduli menjaga kelancarannya. Jangan sampai secara tidak sadar kita sering melakukan 5 kesalahan ini yang bisa memperlambat sistem metabolisme tubuh. 

1. Tubuh tidak banyak bergerak

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuhunsplash.com/@mkbpix

Ini jelas menjadi penghambat dari kelancaran metabolisme tubuh. Minimnya pergerakan tubuh khususnya di siang hari membuat lebih sedikit kalori yang dibakar sehingga terjadi penumpukan yang dapat mengakibatkan lemak pada tubuh. Ada baiknya kita selalu membiasakan aktivitas yang banyak melibatkan pergerakan fisik agar tubuh selalu sehat.

2. Mengonsumsi kalori terlalu sedikit

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuhunsplash.com/@prudenceearl

Terlalu banyak mengonsumsi kalori juga tidak disarankan karena bisa berpengaruh pada kenaikan berat badan, tapi jika terlalu ekstrem menguranginya maka akan timbul efek samping terhadap laju metabolisme yang menurun. Kalori yang terlalu sedikit membuat tubuh membakar lebih sedikit lemak sehingga dapat menimbulkan sistem daya tahan yang berkurang. 

3. Kualitas tidur yang kurang baik

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuhunsplash.com/@jordanbauer

Buruknya kualitas tidur bisa berakibat pada penyakit serius seperti diabetes, jantung dan depresi. Tidur yang tidak terjadwal dengan benar adalah penyebab terjadinya gangguan emosional dan metabolisme tubuh. Efeknya, kamu mudah merasa lelah karena sistem metabolisme yang terganggu aktivitasnya.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Inilah yang Akan Membuat Metabolisme Tubuhmu Melambat

4. Sering mengonsumsi minuman manis

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuhunsplash.com/@elijahsad

Tidak ada yang bisa menolak kesegaran minuman dingin bercita rasa manis dalam berbagai kemasan. Sayangnya kenikmatan ini sangat bertolak belakang dengan pengaruh buruk minuman manis pada kesehatan. Gak cuma memperbesar kemungkinan terkena penyakit diabetes, tapi minuman manis pun dapat menurunkan sistem metabolisme.

5. Melewati makanan tinggi protein

5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuhunsplash.com/@tinaflour

Protein membantu sistem metabolisme membakar lebih banyak kalori. Jika kamu menganggapnya sebagai musuh dari timbangan berat badan, hal itu merupakan kesalahan yang besar. Justru protein adalah nutrisi yang sangat bersahabat dengan sistem metabolisme tubuh sehingga dapat menjaga berat badan tetap stabil dan tentunya tubuh sehat bugar. 

Jika kita membiarkan kesalahan seperti di atas terus terulang maka jangan heran bila suatu hari ada keluhan tentang sistem metabolisme yang terganggu hingga tahap kronis. Sebelum itu terjadi, yuk sama-sama kita cegah mulai sekarang.

Baca Juga: Hati-Hati, 10 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuhmu Lho

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya