Comscore Tracker

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!

Jangan sampai niatnya mau sehat, tapi malah cedera. 

Olahraga lari punya segudang manfaat. Makanya olahraga satu ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Meskipun terlihat mudah karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, bukan berarti berlari gak butuh persiapan, apalagi kalau mau dilakukan setiap hari.

Buat kamu yang punya rencana mau konsisten berlari setiap hari, berikut 6 tips yang bakal membuat performa lari kamu semakin oke!

1. Menentukan tujuan berlari

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/Ketut Subianto

Lari setiap hari bisa jadi tantangan untuk sebagian orang, bahkan pelari profesional non-atlet, terutama soal waktu. Oleh karena itu, penting buat kamu menentukan jadwal yang pas, mulai dari merencanakan lama waktu, jarak, rute, dan lokasi. Silakan buat jadwal yang cocok untuk kamu. Entah itu mau pagi, sore maupun malam.

2. Mulai dengan perlahan  

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/Nathan Cowley

Di awal latihan, biasanya motivasi lagi tinggi-tingginya. Tujuan berlari setiap hari bukan untuk menyetak rekor, tapi gimana kamu bisa menjaga mood agar tetap stabil. Selain itu,  jangan sampai karena tenaga masih ada, kamu langsung tancap gas, lari kencang bagai kuda. Padahal itu sangat berisiko cedera karena tubuh dan otot kamu belum terbiasa, apalagi kalau dilakukan tanpa pemanasan lebih dulu.

3. Menemukan manfaat

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/tirachard kumtanom

Lari tentu memiliki banyak manfaat. Gak hanya mengurangi kadar stres, manfaat lainnya dari lari setiap hari adalah membiasakan tubuh serta otot menyesuaikan ritme dari latihan yang kamu lakukan. Tujuannya, supaya melindungi persendian dan menghindari otot dari cedera.

Baca Juga: 5 Starter Pack yang Wajib Digunakan saat Jogging Agar Kekinian

4. Dengarkan tubuhmu  

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pelari pemula maupun pelari profesional, gak dianjurkan untuk latihan secara berlebihan. Inilah fungsi kamu menerapkan tips pada poin pertama. Jika di saat lari kamu merasa otot kaki mulai sakit, itu tanda bahwa tubuh dan ototmu butuh istirahat atau tanda bahwa kamu sudah over training. Jika sudah begini, please stop. Jangan dipaksakan, ya.

5. Pemulihan 

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Namun jika sampai cedera, kamu bisa lakukan pertolongan pertama dengan metode RICE. Berikut langkah-langkahnya.

Rest (istirahat): Setelah lari, jangan lupa untuk memberikan waktu bagi tubuh relaksasi agar bisa berlari lagi keesokan harinya.

ICE (es): Gunakan es untuk mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada cedera selama 15-20 menit setiap 3 jam. Namun jika cedera sampai dua hari belum juga sembuh, periksalah ke dokter.

Compression (penekanan):  Tekan bagian yang cedera menggunakan plester elastis khusus, atau kaos kaki kompres untuk menopang otot supaya cepat pulih.

Elevation (pengangkatan): Posisikan bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung supaya aliran darah dapat lebih cepat bergerak ke jantung.

6. Konsumsi makanan yang tepat dan sehat  

Mau Lari Tiap Hari tapi Takut Cedera? 6 Tips Ini Siap Membantu Kamu!Pexels.com/Trang Doan

Jangan takut makan setelah berolahraga. Hal ini malah sangat dianjurkan. Sebab kamu harus mengganti kalori yang terbakar setelah berlari. Tapi pastikan tetap kontrol jumlah kalorinya, ya. Kamu tetap boleh mengonsumsi karbohidrat supaya asupan glikogen tubuhmu terjaga. Jangan lupa juga buah, makanan sumber protein serta sayur-sayuran.

Itu tadi tips yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin berlari setiap hari. Selama kamu bisa mengontrol dan tidak memaksakan tubuh, cedera pasti bisa kamu hindari. Selamat mencoba. Stay healthy, Stay Happy.

Baca Juga: Tak Bisa Jogging di Luar? Lakukan 7 Olahraga Ini Sebagai Gantinya

Dita Resti Pertiwi Photo Writer Dita Resti Pertiwi

Denmark and New York Lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya