Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Kurangi konsumsi kafein sebelum tidur

Salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh banyak orang adalah insomnia. Kondisi gangguan tidur yang satu ini perlu diatasi atau setidaknya diminimalisir.

Jika tidak, bisa-bisa malah mengganggu kehidupan sehari-hari pengidapnya. Sebab, tentu saja tidur merupakan kebutuhan paling mendasar yang harus dicukupi oleh setiap orang.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki insomnia, berikut adalah cara untuk mengatasi insomnia yang bisa dicoba, dilansir dari Mayo Clinic. Simak, yuk, ulasannya.

1. Cobalah untuk bersantai

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyakilustrasi orang mandi ( pexels.com/Yan Krukov )

Jika ingin tidurmu lebih nyenyak, maka sebaiknya tubuhmu harus rileks. Misalnya saja, mandi air hangat atau rutin melakukan yoga sebelum tidur, agar bisa menenangkan pikiran dan tubuh kamu.

Saat kamu merasa badan atau pikiran kamu tak cukup rileks, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tidur. Hal tersebut hanya akan membuat kamu sulit untuk tertidur nyenyak dan tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

2. Kurangi kafein

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyakilustrasi seorang anak minum susu (pexels.com/Alex Green)

Jika kamu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein, sebaiknya kurangi saja, ya, jika kamu ingin mengatasi insomnia.

Seperti yang diketahui, kafein bisa mengganggu proses tidur. Jadi, cobalah untuk menggantinya dengan minuman hangat lain, seperti susu.

Baca Juga: 5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapi

3. Berolahraga secara teratur

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyakilustrasi yoga (pexels.com/Cliff Booth)

Dengan berolahraga secara rutin dan teratur seperti yoga, berenang, dan berjalan, bisa membuat untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan yang terjadi sepanjang hari.

Tapi sebaiknya lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, ya. Sebab, olahraga yang berat malah bisa membuat kamu menjadi tetap terjaga.

4. Membuat tempat dan lingkungan tidur yang nyaman

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyakilustrasi kamar tidur nyaman (pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Jika kamu ingin cepat tidur dan nyenyak, maka sebaiknya kamu menjadikan kamar tidur kamu menjadi tempat yang damai dan nyaman. 

Seperti kamu bisa mencoba mengatur suhu dan pencahayaan. Sehingga lingkungan tidur kamu bisa membuat kamu untuk cepat tidur.

5. Buat jadwal tidur

5 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Lebih Nyenyakilustrasi jam tidur (pexels.com/Anastasiya Vragova)

Buatlah jadwal tidur yang sama setiap harinya. Misalnya, kamu ingin membiasakan diri untuk tidur jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi. Maka tidur dan bangunlah pada jam yang sama setiap harinya.

Pola yang sama tersebut akan sangat membantu tubuh kamu untuk memprogram waktu tidur. Kamu pun dapat mendapatkan kualitas tidur yang baik, sebab tubuh sudah mengenali waktu dan durasi tidur yang kamu biasakan. 

Jadi, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi insomnia. Tapi jika insomnia ini terus berlanjut dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya berkonsultasi saja dengan dokter. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Kualitas Tidur, Dijamin Nyenyak Sampai Pagi

Dyah Sekar aruni Photo Verified Writer Dyah Sekar aruni

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya