Comscore Tracker

7 Tips Bikin Kue untuk Pasien Diabetes, Aman dan Sehat!

Orang dengan diabetes tetap bisa makan enak

Orang yang hidup dengan diabetes cenderung menghindari konsumsi kue, roti, dan makanan manis lainnya karena makanan ini tinggi akan kandungan karbohidrat dan gula yang menyebabkan lonjakan gula darah. Meskipun begitu, memiliki diabetes tidak berarti kamu harus benar-benar menghindari kue dan makanan manis lainnya. 

Yang kamu perlukan hanyalah beberapa strategi untuk membuat kue menjadi lebih aman bagi gula darah. Berikut ini, kita akan membahas beberapa tips membuat kue untuk orang dengan diabetes.

1. Ganti gula dengan pemanis yang lebih sehat

Kamu bisa mengganti gula dalam resep dengan pemanis lain, seperti stevia. Stevia dikenal karena memiliki sifat antidiabetes dan mampu menstabilkan kadar gula darah sehingga aman untuk diabetes. Kamu bisa mendapatkan stevia dalam bentuk mentah, menanam sendiri, atau membelinya dalam bentuk kemasan siap pakai.

Disarankan untuk menghindari pemanis artifisial, seperti sakarin. Menurut laman Healthline, sakarin dapat mengubah komposisi bakteri usus dan menyebabkan intoleransi glukosa. Ini merupakan langkah awal menuju sindrom metabolik dan diabetes.

2. Pilih tepung yang lebih sehat

7 Tips Bikin Kue untuk Pasien Diabetes, Aman dan Sehat!ilustrasi tips membuat kue untuk pasien diabetes (pexels.com/Nicole Michalou)

Kebanyakan tepung yang digunakan untuk membuat kue tinggi akan karbohidrat dan rendah serat, protein, atau lemak sehat. Dengan demikian, ini dapat meningkatkan kadar gula darah. Berikut beberapa jenis tepung yang sebaiknya dihindari orang dengan diabetes:

  • Tepung serbaguna.
  • Tepung jagung.
  • Tepung beras putih.

Sebagai gantinya, pilih tepung berikut yang lebih cocok untuk pasien diabetes:

  • Tepung almon.
  • Tepung kelapa.
  • Tepung gandum utuh.
  • Tepung spelt.

3. Gunakan penambah rasa

Lebih mudah bagi orang dengan diabetes untuk mengikuti pola makan sehat jika makanan tersebut rasanya enak, menurut Baton Rouge Clinic. Inilah beberapa bahan untuk meningkatkan rasa pada makanan yang aman untuk diabetes:

  • Cokelat hitam.
  • Bubuk kakao.
  • Vanila.
  • Kayu manis.
  • Pala.
  • Jahe.
  • Cengkih.
  • Kapulaga.

Dengan membuat makanan yang lezat, kamu tidak akan tergoda untuk menambahkan gula atau membeli makanan di luar.

Baca Juga: Perbedaan Diabetes Insipidus dan Diabetes Melitus, Sudah Tahu?

4. Ganti mentega dengan sumber lemak sehat

7 Tips Bikin Kue untuk Pasien Diabetes, Aman dan Sehat!ilustrasi mentega (pixabay.com/Aline Ponce)

Mentega adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat kue. Sayangnya, bahan ini tinggi lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh yang terlalu tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Padahal, kondisi diabetes itu sendiri menyebabkan seseorang jauh lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung. Oleh sebab itu, pasien diabetes harus sangat berhati-hati dengan sumber lemak jenuh.

Sebagai gantinya, coba ganti mentega dengan sumber lemak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak alpukat. Ini semua mengandung low-density lipoprotein (LDL) penurun kolesterol, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, menurut American Diabetes Association (ADA). 

5. Tambahkan sayuran untuk meningkatkan profil nutrisi

Agar lebih bernutrisi, campurkan sayuran atau buah-buahan rendah kalori ke dalam resep. Misalnya, zukini dan kembang kol adalah pilihan yang baik karena dapat menambahkan serat dengan tetap mempertahankan kualitas rasa.

Namun, dilansir Everyday Health, menambahkan sayuran dapat meningkatkan kelembapan adonan. Dengan begitu, kamu mungkin perlu melakukan penyesuaian resep, seperti mengurangi sedikit minyak dan lemak.

6. Buat dalam porsi kecil

7 Tips Bikin Kue untuk Pasien Diabetes, Aman dan Sehat!ilustrasi tips bikin kue untuk pasien diabetes (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sesehat apa pun kue yang kamu buat, ini tidak akan aman untuk diabetes jika dimakan dalam porsi besar. Jadi, agar kamu tidak tergoda makan secara berlebihan, buatlah kue dalam porsi yang lebih kecil. Kamu juga bisa menggunakan cetakan yang berukuran kecil untuk membatasi porsi makan.

Ingat, di sini tujuanmu adalah membuat kue untuk memuaskan hasrat terhadap makanan manis, bukan untuk menjadi kenyang apalagi sampai berlebihan. Jadi, jika kamu ingin lebih kenyang, carilah makanan lain yang lebih aman.

7. Buatlah kue yang benar-benar kamu nikmati

Penting bagimu untuk mencari tahu apa yang ingin kamu makan sebelum membuatnya. Jika kamu ingin makan nastar, maka cari resepnya, siapkan bahan-bahan, dan segera buat.

Sebab, jika kamu membuat yang lain, misalnya brownies atau kue bolu, kamu tidak akan puas. Akibatnya, kamu akan mencari sesuatu yang lain untuk memuaskan hasratmu terhadap nastar.

Juga, penting untuk membuat satu macam kue dalam satu waktu. Nikmatilah makanan yang sudah kamu buat dan ingatlah kamu selalu dapat menikmati kue lainnya di lain waktu.

Itulah tips bikin kue untuk pasien diabetes. Hidup dengan diabetes tidak lantas membuatmu harus menjauhi makanan lezat yang menjadi favoritmu. Asalkan melakukan improvisasi dengan membuatnya lebih sehat dan perhatikan porsi makannya, pasien diabetes tetap dapat makan enak.

Baca Juga: Diabetes Ketoasidosis, Komplikasi Diabetes yang Berakibat Fatal

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya