Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatan

Bisa dikonsumsi setiap hari

Serai atau sereh adalah tanaman yang berbatang dan tinggi. Serai memiliki aroma segar yang mirip dengan lemon. Di Indonesia, serai biasa digunakan dalam berbagai masakan. Serai juga dimanfaatkan sebagai minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Selain digunakan dalam masakan, cara lain yang juga populer untuk menikmati serai adalah dengan dibuat teh. Menariknya, konsumsi teh serai secara rutin dapat membantu memberikan manfaat kesehatan potensial. Baca terus untuk tahu manfaat yang mungkin diberikan teh serai.

1. Memiliki sifat antioksidan

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatanfreepik.com/jcomp

Menurut studi yang dilaporkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan tersebut adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. 

Antioksidan dalam serai ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Bertindak sebagai diuretik

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatanfreepik.com/jcomp

Dalam dunia pengobatan alami, serai dikenal sebagai diuretik. Bahan yang disebut sebagai diuretik membuat kamu lebih sering buang air kecil, yang membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Diuretik biasa diresepkan oleh dokter bagi pasien dengan kondisi gagal jantung, gagal hati, atau edema.

Sebuah studi dalam Pakistan Journal of Scientific and Industrial Research dilakukan untuk mengevaluasi efek teh serai pada tikus dengan memberikan teh serai kepada tikus selama periode enam minggu. Hasil penelitian tersebut menunjukkan aktivitas diuretik yang mirip dengan teh hijau tanpa menyebabkan kerusakan organ atau efek samping lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Akan Manfaat

3. Mengendalikan kolesterol

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatanpexels.com/PhotoMIX Company

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa pemberiab ekstrak minyak serai pada hewan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Lebih lanjut, penurunan kolesterol ini tergantung pada dosis yang diberikan.

Penelitian lebih lanjut pada tikus mengkonfirmasi keamanan jangka panjang pemberian hingga 100mg minyak esensial serai setiap hari. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah teh serai memiliki efek yang sama dengan ekstrak minyak serai.

4. Meningkatkan kadar sel darah merah

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatanunsplash.com/Hush Naidoo

Konsumsi teh serai memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Sebuah studi dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan hasil bahwa minum infus teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel padat, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengambil tes darah dari 105 subjek manusia pada awal tes, hari ke-10, dan ke-30 dalam penelitian. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

5. Meningkatkan kesehatan mulut

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Konsumsi Teh Serai bagi Kesehatanunsplash.com/Nhia Moua

Di banyak negara di mana serai terdapat melimpah di daerah tersebut, masyarakat akan menggunakan serai untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga kebersihan mulut dengan cara mengunyah batangnya.

National Institutes of Health menerbitkan sebuah penelitian yang mengonfirmasi temuan ini. Minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba terhadap bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Jadi, teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Setelah mengetahui manfaat minum teh serai, kamu pasti jadi tertarik untuk rutin minum teh serai bukan? Tapi, untuk membatasi risiko efek sampingnya, mulailah dengan satu cangkir teh serai setiap hari. Jika kamu dapat mentolerir ini dengan baik, kamu bisa meningkatkan porsinya menjadi satu setengah atau dua gelas per hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Kopi Tiap Hari, Panjang Umur dan Cegah Kanker 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya