Comscore Tracker

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!

Penting bagi kesehatan ibu dan bayi

Momen kehamilan adalah momen ketika ibu hamil harus ekstra dalam menjaga kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya. Salah satu kunci penting untuk kehamilan yang sehat adalah dengan berolahraga secara rutin.

Meskipun saat hamil perempuan cenderung mengalami banyak ketidaknyamanan, tapi ini bukanlah alasan untuk tidak atau malas berolahraga. Bahkan, berolahraga dapat memberikan banyak manfaat selama kehamilan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di sini.

1. Mengurangi risiko diabetes gestasional

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!pexels.com/PhotoMIX Company

Diabetes gestasional adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat atau menggunakan semua insulin yang dibutuhkan untuk kehamilan. Diabetes gestasional bisa diikuti dengan risiko kesehatan yang serius.

Kabar baiknya, melakukan latihan selama kehamilan setidaknya 30 menit sebanyak tiga kali seminggu, terutama pada trimester pertama, dapat mengurangi risiko diabetes gestasional, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology.

2. Baik untuk kesehatan bayi

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!pixabay.com/rmt

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dalam buku Physiology of Prenatal Exercise and Fetal Development, ketika ibu menjadikan latihan kehamilan sebagai andalan dalam kehidupan prenatal, nantinya anak mereka akan memiliki perkembangan bahasa dan keterampilan motorik yang lebih baik saat balita.

Selain itu, saat remaja, anak menunjukkan prestasi yang lebih baik dalam olahraga dan akademis dibandingkan dengan anak yang ibunya tidak berolahraga saat mengandungnya. 

Baca Juga: Penyebab Munculnya Flek saat Hamil, Apakah Normal?

3. Meningkatkan kenyamanan selama kehamilan

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!pixabay.com/regina_zulauf

American College of Obstetricians and Gynecologists melaporkan bahwa latihan kehamilan dapat mengurangi preeklamsia. Preeklamsia adalah kondisi kehamilan serius yang dapat menyebabkan pembengkakan dan retensi cairan, selain tekanan darah tinggi.

Kondisi lain yang juga tidak nyaman adalah edema kehamilan, yang ditandai dengan pergelangan kaki yang bengkak.

Dengan melakukan latihan kehamilan, bahkan meskipun hanya dengan berjalan kaki, ibu hamil dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian membantu membuang cairan.

4. Meningkatkan energi dan suasana hati

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!unsplash.com/Andrea Bertozzini

Perempuan biasanya memiliki tingkat energi yang lebih rendah selama kehamilan, dan olahraga harian dapat meningkatkan level energi. Melansir Bun Maternity, meskipun biasanya seseorang akan kelelahan begitu selesai olahraga, tapi pikiran mental bahwa kamu berenergi, sehat, dan direvitalisasi dari sesi latihan bisa cukup untuk menjaga endorfin sepanjang hari.

Bukan hanya itu, dengan rutin berolahraga, manfaat fisik juga akan bertambah dan kamu akan terbiasa menjadi ibu yang aktif dan bahagia.

5. Jantung yang lebih bugar

5 Manfaat Dahsyat Olahraga selama Kehamilan, Bumil Wajib Paham!pexels.com/Gustavo Fring

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Early Human Development dilakukan dengan mengamati efek olahraga yang dilakukan ibu terhadap bayi. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa rutinitas olahraga yang teratur selama kehamilan membantu menurunkan detak jantung janin pada usia kehamilan 36 minggu. Ini adalah hal yang baik, karena detak jantung yang lebih tinggi dapat berbahaya bagi janin.

Kemudian, para peneliti yang terlibat menindaklanjuti studi tersebut terhadap bayi hingga usia 1 bulan dan menemukan efek olahraga ibu masih dapat dilihat pada detak jantung bayi setelah lahir.

Jadi, untuk ibu hamil, jangan malas untuk berolahraga secara rutin selama kehamilan, ya. Juga, tanyakan pada dokter olahraga apa yang cocok dilakukan sesuai dengan kondisimu.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Seafood? Ini Penjelasannya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya